3 Bintang Persija Jakarta Jadi Juara Liga 1 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Des 2018, 09:10 WIB
Diperbarui 10 Des 2018, 09:10 WIB
Latihan Persija Jakarta

Jakarta - Berbekal skuat lengkap dan berkualitas, Persija Jakarta mengarungi Liga 1 musim ini sehingga akhirnya sukses menjadi juara. 

Jika membicarakan siapa pemain yang layak disebut terbaik di skuat Persija, bahkan pelatihnya, Stefano Cugurra Teco, enggan menyebutkan hanya satu pemain. Pelatih asal Brasil itu memiliki anugerah karena Persija punya pemain-pemain yang mau bekerja keras dalam setiap pertandingan dan siap dimainkan dalam berbagai posisi.

Sebut saja Rohit Chand, yang beberapa kali bermain di posisi bek kanan selain sebagai gelandang bertahan. Rezaldi Hehanussa yang biasa berada di bek kiri, ternyata mampu bermain apik sebagai bek kanan dan bahkan mencetak gol.

Bukan hanya Rohit Chand dan Rezaldi Hehanussa yang mampu bermain di dua posisi atau lebih. Novri Setiawan, Jaimerson, dan Ramdani Lestaluhu jadi contoh pemain Persija yang juga bisa dimainkan dalam beberapa posisi yang berbeda.

Namun, tak hanya mereka. Pengaruh besar Andritany Ardhiyasa di bawah mistar gawang, kepemimpinan kapten Ismed Sofyan dari posisi bek kanan, benteng kukuh di pusat pertahanan, seperti Maman Abdurrahman dan Gunawan Dwi Cahyo, juga merupakan aset penting yang dimiliki Persija pada musim ini.

Jangan pula melupakan Sandi Sute, yang tampil garang mengawal lini tengah Persija dari serangan lawan. Begitu pula dengan dua pemain yang punya koneksi luar biasa, baik di dalam maupun luar lapangan, Marko Simic dan Riko Simanjuntak.

Ada pula Michael Orah, yang baru datang pada putaran kedua, namun mampu tampil baik ketika Rezaldi Hehanussa tidak ada atau dimainkan di posisi yang berbeda. Dengan kualitas yang dimiliki pemain-pemain Persija, memang rasanya pantas jika Teco tak ingin menyebut hanya satu nama sebagai yang terbaik di dalam skuatnya.

Dari nama-nama pemain berkualitas yang dimiliki Persija, Bola.com memilih tiga pemain yang layak disebut sebagai kunci sukses Persija pada musim ini, ketiganya merupakan rekrutan yang dilakukan Persija pada awal musim 2018.

2 dari 4 halaman

Marko Simic

Persija Jakarta Vs Barito Putera
Striker Persija Jakarta, Marko Simic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Barito Putera pada laga Liga 1 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Selasa (30/10). Persija menang 3-0 atas Barito. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nama Marko Simic layak menjadi pemain kunci sukses Persija Jakarta pada musim ini. Kualitas mumpuni diperlihatkannya sejak menjadi pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2018. yang juga mengantar Macan Kemayoran menjadi juara.

Setelah mencetak dua gol ke gawang Arema saat Persija menang 3-1 (31/3/2108) dan satu gol ke gawang PSIS Semarang saat menang 4-1 (20/4/2018), Marko Simic sempat terlihat kehilangan ketajamannya.

Setelah Persija melewati tujuh pertandingan berselang, Simic kembali memperlihatkan ketajamannya pada laga tandang ke Serui, saat itu Persija kalah 1-3 (3/7/2018).

Namun, semenjak itu pundi-pundi gol Simic di Liga 1 2018 mulai tercipta. Striker asal Kroasia itu akhirnya berhasil mencetak 18 gol dalam 34 pertandingan liga yang dijalani Persija.

Tak bisa dimungkiri, musim perdana Marko Simic di Persija dan di persepakbolaan Indonesia memang cemerlang. Tajamnya striker asal Kroasia itu bersama Persija membuat sang pemain merasa nyaman berseragam Macan Kemayoran dan tidak berpikir untuk berganti klub.

Sebagai catatan, Marko Simic tak hanya menjadi pencetak gol terbanyak milik Persija pada musim ini, tetapi pemain bertubuh tinggi besar itu juga tercatat dua kali membantu rekan setimnya mencetak gol. Dua assist dicetaknya untuk gol Rudi Widodo ke gawang Perseru Serui di Stadion Patriot (8/10/2018) dan gol Ramdani Lestaluhu dalam laga kontra Persela di SUGBK (20/11/2018).

3 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Latihan Persija Jakarta
Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, saat mengikuti sesi latihan jelang laga Liga 1 di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (07/12). Persija akan berhadapan dengan Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain sayap berkaki lincah dan bertubuh mungil ini merupakan satu di antara beberapa rekrutan terbaik Persija pada awal musim. Pergerakan luar biasa di sisi kanan lapangan berbekal kecepatan tinggi dan kemampuan mengecoh pemain lawan, membuat Riko Simanjuntak mendapatkan sorotan positif pada tahun ini.

Pemain yang direkrut Persija dari Semen Padang itu bahkan mendapatkan panggilan dari Timnas Indonesia karena penampilan yang luar biasa bersama Persija. Pemain yang akrab dengan jersey nomor 25 itu memang menjadi senjata bagi Stefano Cugurra Teco untuk membongkar pertahanan lawan dari sisi kanan penyerangan.

Riko tercatat menyumbang tiga gol untuk Macan Kemayoran. Ketiga gol tersebut dicetaknya ke gawang PS Tira, PSIS Semarang, dan Persipura Jayapura.

Tiga gol mungkin bukan sebuah catatan yang istimewa bagi Riko karena masih ada Jaimerson dan Novri Setiawan yang mampu mencetak gol lebih banyak. Namun, keberadaan Riko yang mampu membuat lini pertahanan lawan kocar-kacir dan umpan-umpan matangnya ke jantung pertahanan lawan, membuat Persija menjadi tim yang sangat mematikan.

Bicara soal assist, Riko Simanjuntak merupakan pemain dengan jumlah assist paling banyak yang dimiliki Persija, yaitu dengan sembilan assist. Jumlah itu juga menempatkan Riko sebagai salah satu penyumbang assist terbanyak di Liga 1 2018. Dia hanya kalah dari Rizky Pora (Barito Putera).

4 dari 4 halaman

Jaimerson

Persija Jakarta Kalahkan Borneo FC
Bek Persija Jakarta, Jaimerson Xavier, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Borneo FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (14/4/2018). Persija menang 2-0 atas Borneo FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jaimerson da Silva Xavier merupakan bek asal Brasil yang didatangkan Persija untuk mengisi lubang yang ditinggalkan kompatriotnya, Willian Pacheco, yang memutuskan untuk berkiprah di Liga Malaysia bersama Selangor FA. Namun, seperti halnya Pacheco, Jaimerson mampu beradaptasi cepat bersama Macan Kemayoran dan bahkan menjadi bek dengan produktivitas gol tinggi.

Jaimerson tak hanya mampu mengawal lini pertahanan Macan Kemayoran, di mana Persija memang tercatat menjadi tim yang paling sedikit kebobolan di Liga 1 2018, yaitu 36 gol. Namun, Jaimerson juga berhasil mencetak tujuh gol untuk Persija musim ini.

Silakan cek daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2018 dan Anda tak akan bisa menemukan pemain bertahan yang mencetak gol lebih banyak dari yang dicetak Jaimerson untuk Persija pada musim ini. Eksekusi tendangan bebas yang keras serta tandukan kepala, menjadi spesialisasi Jaimerson dalam menyumbangkan tujuh gol bagi Persija.

Kehadirannya dalam 30 pertandingan yang dijalani Persija memang tak lantas membantu Macan Kemayoran selamat dari kekalahan. Namun, harus diakui Jaimerson telah menjadi kunci permainan Persija baik di lini pertahanan maupun ketika membantu penyerangan dalam momen-momen tertentu.

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓