Klasemen Akhir Liga 1 2018: Persija Juara, Sriwijaya FC Terdegradasi

Oleh Luthfie Febrianto pada 09 Des 2018, 19:30 WIB
Diperbarui 09 Des 2018, 19:30 WIB
Logo Liga 1 GoJek

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 2018 telah menutup tirai dengan Persija Jakarta keluar sebagai juara. Macan Kemayoran memastikan diri sebagai kampiun usai menaklukkan Mitra Kukar 2-1 pada pekan terakhir, Minggu (9/12/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Persija Jakarta membobol gawang Mitra Kukar lewat aksi Marko Simic di menit 17 dan 59. Sementara, satu gol Mitra Kukar dicetak Aldino Herdianto di menit 88.

Tambahan tiga poin ini membuat Persija Jakarta mengakhiri Liga 1 di puncak klasemen dengan 62 poin, Ismed Sofyan dan kawan-kawan unggul satu poin dari pesaing terdekat mereka, PSM Makassar.

PSM Makassar menang telak 5-1 atas PSMS Medan pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Namun kemenangan ini tak cukup mampu mengantar pasukan Robert Rene Alberts juara.

Peringkat ketiga menjadi milik juara Liga 1 musim lalu, Bhayangkara FC. Tim asuhan Simon Mcmenemy finis dengan total poin 53. Pada pertandingan terakhir, Bhayangkara FC menaklukkan Bali United 2-0.

Sementara itu, Persib Bandung yang sempat menjadi jawara hingga pertengahan musim finis di peringkat keempat. Maung Bandung bermain 3-3 dengan Barito Putera pada pekan terakhir dan finis dengan total poin 52.

2 dari 3 halaman

Sriwijaya Degradasi

Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, Piala Presiden 2018
Beto Goncalves gagal menyelamatkan Sriwijaya FC dari degradasi. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain soal juara, Liga 1 musim 2018 juga penuh kejutan di zona merah. Namun pada akhirnya, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan PSMS Medan harus turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Yang paling mengejutkan mungkin Sriwijaya FC. Maklum, Laskar Wong Kito adalah salah satu tim papan atas di Liga Indonesia dengan koleksi dua gelar juara Liga Indonesia, tiga Piala Indonesia, dua Inter Island Cup, dan satu Community Shield.

Sriwijaya FC finis di peringkat ke-17 dengan total poin 39, unggul dua poin atas tim juru kunci, PSMS Medan. Sementara, Mitra Kukar finis di peringkat 16 dengan nilai sama, 39.

Tempat ketiga tim itu digantikan oleh Semen Padang, Kalteng Putra, dan PSS Sleman.

3 dari 3 halaman

Berikut Klasemen Akhir Liga 1 2018

 
Lanjutkan Membaca ↓