Sukses

Persija Juara, 3 Klub Ibu Kota Ini Juga Sempat Paceklik Gelar

Persija juara Liga 1 setelah menunggu 17 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta mengamankan titel Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Macan Kemayoran memastikan gelar usai mengalahkan Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (9/12/2018).

Tambahan tiga angka dari kemenangan tersebut menempatkan Persija di puncak klasemen.

Anak asuh Stefano Cugurra 'Teco' memiliki 62 angka dari 34 pertandingan, unggul satu nilai atas pesaing terdekat PSM Makassar.

Ini adalah gelar liga kesebelas sepanjang sejarah Persija. Namun, Macan Kemayoran harus menunggu lama untuk menambah trofi. Pasalnya, keksuksesan mereka sebelumnya terjadi pada 2001.

Persija bukan satu-satunya klub ibu kota yang harus menunggu lama sebelum menuntaskan paceklik titel. Berikut tiga nama tenar lain di pentas sepak bola dunia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chelsea

London selaku ibu kota Inggris memiliki dua klub utama yakni Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Ketiganya sudah pernah menduduki takhta Inggris dan membutuhkan waktu lama untuk kembali mencapainya.

Arsenal paceklik selama 18 tahun dan merasakannya dua kali, yakni 1989-1971 dan 1971-1953.

Sedangkan periode kekeringan Chelsea lebih lama. Seusai berjaya pada 1955, mereka membutuhkan lima dekade untuk kembali merebut gelar pada 2005.

3 dari 4 halaman

Atletico Madrid

Klub lain di Kota Madrid. Total menduduki takhta Spanyol 10 kali, Atletico Madrid beberapa kali paceklik gelar selama lebih dari satu dekade.

Periode terpanjang saudara kecil Real Madrid ini adalah 19 tahun. Momen itu terjadi kala mereka berjaya pada 1996, setelah sebelumnya mengangkat trofi pada 1977.

4 dari 4 halaman

AS Roma

Klub tersukses di Kota Roma, ibu kota Italia. Mereka menjuarai Serie A tiga kali, unggul satu titel atas Lazio.

Torehan AS Roma ini dipetik dalam kurun panjang. Mereka membawa pulang gelar pada 2001 setelah menunggu sejak tahun 1983.

Namun, dahaga gelar I Giallorossi terjadi sebelumnya. Kala menjuarai Serie A 1983, prestasi mereka sebelumnya terjadi sebelum Perang Dunia II, tepatnya tahun 1942.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.