Saatnya Persija Juara

Oleh Bogi Triyadi pada 08 Des 2018, 17:15 WIB
Latihan Persija Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta tinggal selangkah lagi mengakhiri paceklik gelar juara selama 17 tahun. Hal itu bisa dilakukan pada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (9/12/2018).

Persija bakal menghadapi Mitra Kukar pada laga pamungkas Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Kemenangan atas Mitra Kukar akan mengantarkan tim Macan Kemayoran menjadi kampiun.

Saat ini, Persija memuncaki klasemen dengan 59 poin dari 33 laga. Jika menang atas Mitra Kukar, jumlah poin skuat besutan Stefano Cugurra itu menjadi 62.

Jumlah poin Persija tentu tidak bisa lagi dikejar PSM Makassar walau pada laga terakhir nanti juga menang atas PSMS Medan. Sebab, tim Juku Eja hanya akan mengumpulkan total 61 poin.

Tapi, semua itu hanya hitung-hitungan di atas kertas. Sebab, hal sesungguh bakal terjadi di lapangan. Tentu tak akan mudah bagi Persija maupun PSM untuk meraih kemenangan.

Apalagi, Mitra Kukar tengah berusaha keras untuk terhindar dari jurang degradasi. Skuat racikan Rahmad Darmawan itu kini di peringkat 14 dengan 39 poin.

Namun, jumlah poin mereka sama dengan Perseru, Sriwijaya FC, dan PS Tira. Sementara dengan PSMS Medan yang ada di dasar klasemen, keempat tim hanya selisih dua poin.

2 of 3

SUGBK

Persija Jakarta Vs Sriwijaya FC
Striker Persija Jakarta, Marko Simic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Sriwijaya FC pada laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Sabtu (24/11). Persija menang 3-2 atas Sriwijaya. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, sangat menguntungkan Persija. Sebab, Marko Simic dan kawan-kawan akan mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu Jakmania (sebutan suporter Persija).

Bahkan, dukungan dari Jakmania diprediksi melebih kapasitas stadion. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar nonton bareng di setiap kelurahan atau kecamatan dengan memasang layar lebar. 

Dalam laga terakhir di stadion berkapasitas 77 ribu penonton itu, Persija mencatat kemenangan. Macan Kemayoran menang 3-0 atas Persela Lamongan pada 20 November lalu.

Menang dan menjadi juara di SUGBK tentu bakal menyempurnakan perjalanan Persija di kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air. Apalagi Februari lalu, Persija juga menjadi juara Piala Presiden 2018 di stadion ini. Saat itu, Persija menang 3-0 atas Bali United.

3 of 3

17 Tahun

Persija sudah lama tidak merasakan gelar juara dalam kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia. Terakhir, tim Ibu Kota ini menjadi kampiun pada 2001, saat itu kompetisi masih bernama Liga Indonesia.

Empat tahun kemudian, Persija berpeluang untuk kembali menjadi juara. Namun, di final Macan Kemayoran harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura dengan 2-3.

Setelah 17 tahun, Persija kini mendapat kesempatan untuk merengkuh gelar juara. Tim Ibu Kota tinggal selangkah lagi untuk mewujudkannya. Dengan catatan, Persija menang atas Mitra Kukar pada laga terakhir Liga 1 2018.

Lanjutkan Membaca ↓