HEADLINE: Laga Penentuan, Persija atau PSM Makassar Juara Liga 1?

Oleh Edu Krisnadefa pada 08 Des 2018, 00:05 WIB
Banner Infografis Persija atau PSM Makassar Juara Liga 1 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan panas di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak tak juga terhenti hingga pekan terakhir. Alhasil, dua tim yang berpeluang juara, Persija Jakarta dan PSM Makassar harus memastikan pesta mereka di laga pamungkas, Minggu (9/12).

Bicara peluang, saat ini Persija yang berada di atas angin. Pasalnya, di puncak klasemen, nilai mereka, 59, satu poin lebih banyak daripada PSM Makassar.

Namun, tentu saja Persija belum bisa merasa nyaman. Sebab, jika di laga terakhir mereka gagal menang, sementara PSM bisa meraih tiga poin penuh, maka gelar juara Liga 1 2018 pun akan jadi milik Tim Juku Eja.

Masalahnya, laga di pekan ke-34, dipastikan tak akan mudah bagi Persija Jakarta dan PSM. Mereka harus menghadapi dua tim yang saat ini terancam terdegradasi: Mitra Kukar dan PSMS Medan. Sudah pasti, Mitra dan PSMS Medan tak akan membiarkan Persija atau PSM berpesta juara, sementara mereka harus terdegradasi ke Liga 2.

Infografis Persija atau PSM Makassar Juara Liga 1 2018?
Infografis Persija atau PSM Makassar Juara Liga 1 2018? (Liputan6.com/Abdillah)

Duel Persija vs Mitra Kukar dan PSM Makassar vs PSMS sendiri digelar serentak mulai pukul 15.30 WIB.

Begitu juga dengan beberapa laga lainnya, yang menentukan lainnya, terutama yang terkait penentuan degradasi. Sebut saja Persipua Jayapura vs Perseru Serui, Arema FC vs Sriwijaya FC, dan Borneo FC vs PS Tira.

2 of 4

PSM Tergantung Persija

Persija Bermain Imbang Lawan PSM Makassar
Pemain PSM Makassar merayakan gol yang dicetak Willem Jan Pluim saat laga melawan Persija dilanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (15/8). Laga berakhir imbang 2-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dengan situasi di atas, praktis PSM sulit menentukan nasib mereka sendiri. Tim Juku Eja bergantung kepada hasil yang didapat Persija menghadapi Mitra.

Meski PSM mampu mengalahkan PSMS, jika Persija juga meraih hasil sama lawan Mitra, gelar juara tetap akan jadi milik Tim Macan Kemayoran. Sebab, saat ini PSM tertinggal satu poin dari rival mereka itu.

Namun begitu, kondisi tak mengenakkan ini sama sekali tak menyurutkan semangat pasukan PSM. Pelatih PSM, Robert Rene Alberts, meminta pasukannya agar hanya fokus kepada diri sendiri, tak perlu mereka memikirkan Persija.

Tim berjuluk Juku Eja ini bertekad mengalahkan PSMS dan tak terpengaruh hasil apapun. Dengan demikian, hasil apapun yang terjadi setelah itu, Rene Alberts meminta para pemain PSM tetap bangga. Dia menekankan bahwa seluruh pemain PSM harus keluar dari lapangan dengan kepala tegak, karena telah berusaha dan bekerja keras sepanjang musim kompetisi.

"Kami akan menyelesaikan liga dengan membanggakan. Kami harus tunjukkan harga diri kepada suporter. Kami tetap percaya, sampai menit akhir kerja keras dan kejujuran akan terbayarkan," kata Rene Alberts.

 

3 of 4

Persija Percaya Diri

Persija Jakarta Vs Sriwijaya FC
Striker Persija Jakarta, Marko Simic, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Sriwijaya FC pada laga Liga 1 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Sabtu (24/11). Persija menang 3-2 atas Sriwijaya. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di sisi lain, meski percaya diri, kubu Persija tak ingin jemawa. Yang jelas, pasukan Tim Macan Kemayoran siap melabuhkan gelar juara demi suporter militan mereka, The Jakmania.

"Yang pasti saya tidak ingin terlalu banyak bicara. Saya harus buktikan di atas lapangan. Karena juara bukan untuk kita saja, tetapi untuk seluruh Jakmania," ujar gelandang Persija, Sandi Sute.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, meminta anak asuhnya menjaga konsentrasi meski sudah bertengger di puncak. Sebab, Mitra Kukar juga dipastikan akan tampil mati-matian untuk menghindari degradasi.

“Mereka bakal kerja keras. Pertandingan ini tidak mudah, harus kerja keras juga serta fokus,” ujarnya.Persija memang hanya membutuhkan kemenangan, berapapun skornya untuk menjadi juara. Bahkan, jika beruntung, tak menang pun lawan Mitra, asalkan PSM mendapat hasil serupa, Tim Macan Kemayoran tetap akan jadi kampiun.

 

4 of 4

Dukungan Anies

Keyakinan Persija menjadi juara Liga juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Maka itu, dia pun menyambut baik pemilihan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai venue laga Persija vs Mitra.

Pertimbangannya, jika memang nantinya keluar sebagai juara, SUGBK dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menggelar pesta.

Tak hanya itu, Anies juga akan mengadakan nonton bersama (nobar) pertandingan Persija melawan Mitra Kukar di kantor kelurahan dan kecamatan. "Saya rasa semangat itu sekarang menyebar di mana-mana, ini di banyak tempat ingin nonton. Nanti kita mungkin akan siapkan nonton bersama di kelurahan-kelurahan di kecamatan-kecamatan," kata Anies.

Jika Persija sudah siap berpesta, bagaimana dengan PSM?

Lanjutkan Membaca ↓