Sukses

Persija Menuju Juara

Persija tinggal selangkah lagi menjadi kampiun Liga 1 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta tinggal selangkah lagi meraih gelar juara Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Kepastian tersebut baru bisa didapat setelah Macan Kemayoran melakoni laga terakir kontra Mitra Kukar, Minggu (9/12/2018).

Persija saat ini memuncaki klasemen dengan raihan 59 poin hasil 33 pertandingan. Marko Simic dan kolega unggul satu angka dari PSM Makassar yang ada di peringkat kedua.

Persija mengambil alih posisi puncak klasemen setelah menaklukkan Bali United 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (2/12/2018). PSM berkesempatan mengambil alih kembali posisi itu sehari kemudian. Tetapi, Juku Eja hanya bermain imbang 0-0 melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta.

Namun, bukan berarti peluang PSM untuk menjadi juara sudah tertutup. Sebab, skuat besutan Robert Rene Alberts itu masih akan memainkan satu laga lagi melawan PSMS Medan di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Minggu (9/12/2018).

Meski demikian, peluang Persija untuk menjadi kampiun jauh lebih besar ketimbang PSM. Apalagi, mereka akan bermain di kandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Bagus

Menghadapi Mitra Kukar, Persija memiliki rekor bagus. Pada tiga pertemuan terakhir, Macan Kemayoran dua kali menang dan sekali imbang.

Dalam pertemuan pertama Liga 1 2017, Persija ditahan imbang Mitra Kukar dengan skor 1-1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, 14 Mei. Tapi pada pertemuan kedua di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, 8 September lalu, Andritany dan kolega menang 2-1.

Sementara pada putaran pertama Liga 1 2018, Persija mengalahkan tuan rumah Mitra Kukar dengan skor 2-1. Saat itu, kedua gol Persija dicetak Osas Saha dan Marko Simic.

Sebelum dalam laga perempat final Piala Presiden 2018, Persija mengalahkan Mitra Kukar 3-1 di Stadion Manahan, Solo, 4 Februari lalu. Ketiga gol Persija kala itu dicetak Marko Simic (2) gol dan Bambang Pamungkas. Sedangkan Mitra Kukar hanya bisa membalas lewat Fernando Rodriguez Ortega.

Berdasarkan rekor pertemuan tersebut, wajar jika Persija kembali diunggulkan untuk mengalahkan Mitra Kukar.

3 dari 3 halaman

17 Tahun

Persija sudah lama tidak merasakan gelar juara dalam kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia. Terakhir, Persija jadi kampiun pada 2001, saat itu kompetisi masih bernama Liga Indonesia.

Empat tahun kemudian, Persija berpeluang untuk kembali menjadi juara. Namun di final, Persija harus mengakui keunggulan Persipura Jayapura dengan 2-3.

Setelah 17 tahun, Persija kini mendapat kesempatan untuk merengkuh gelar juara. Tim Ibu Kota tinggal selangkah lagi untuk mewujudkannya. Dengan catatan, Persija menang atas Mitra Kukar pada laga terakhir Liga 1 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.