Usai Hadapi Timnas Indonesia, Filipina Langsung Fokus Vietnam

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 26 Nov 2018, 19:10 WIB
Diperbarui 28 Nov 2018, 17:13 WIB
Timnas Indonesia Vs Filipina

Liputan6.com, Jakarta Tugas Filipina di Grup B Piala AFF 2018 berakhir setelah laga melawan Timnas Indonesia. Meski hanya meraih hasil imbang, satu poin sudah cukup bagi The Azkals untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup B.

Filipina membawa pulang satu poin setelah laga pamungkas Grup B Piala AFF 2018 melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018). Meski beberapa kali mendapat peluang, Filipina kesulitan untuk memaksimalkannya.

Untungnya, laga Grup B lain berakhir dengan kemenangan 3-0 Thailand atas Singapura. Secara otomatis, Filipina pun berhak melaju ke semifinal menemani Thailand. Selanjutnya, tim asuhan Sven-Goran Eriksson itu akan menghadapi juara Grup A, Vietnam.

Meski gagal meraih kemenangan atas Timnas Indonesia, Eriksson tak mengeluh soal penampilan para pemainnya. Itu karena fokus utamanya adalah memastikan kelolosan ke semifinal.

"Kami lolos ke semifinal, semua orang senang. Saya sangat menyukai tim kami. Kami punya banyak pemain yang bagus dan kami bermain dengan jiwa yang besar. Saya bangga dan kami memiliki permainan yang bagus melawan Indonesia," ujar Eriksson, dikutip AFF Suzuki Cup.

 

2 of 2

Waspadai Vietnam

Kini, tantangan yang dihadapi Filipina akan jauh lebih berat dari sebelumnya. Itu karena Vietnam digadang-gadang sebagai salah satu kandidat juara Piala AFF 2018. Dengan gabungan pemain-pemain jebolan Piala AFF 2016 dan skuat tim U-23 yang melaju ke final Piala AFC U-23 2018, Vietnam pun jadi kekuatan menakutkan.

Hal itu terbukti dari rapor mereka sepanjang Grup A. Tak ada satupun tim Grup A Piala AFF 2018 yang mampu menjebol gawang mereka. Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup A usai menang 3-0 atas Laos, 2-0 atas Malaysia, 0-0 kontra Myanmar, dan 3-0 atas Kamboja.

"Melawan Vietnam dalam sepekan ke depan, kami menantikannya. Ini bagus untuk semua pemain karena mereka butuh banyak waktu untuk pulih," ujar Eriksson yang berusia 70 tahun itu. Pada leg pertama, Filipina akan lebih dulu menjamu Vietnam di Panaad Stadium, Minggu (2/11/2018). Leg kedua dihelat di markas Vietnam, My Dinh National Stadium, Kamis (6/11/2018).

Lanjutkan Membaca ↓