Sukses

Liga 1: Gol Maman Bawa Persija Bungkam Sriwijaya FC

Maman membantu Persija memperbesar peluang untuk tampil sebagai juara.

Liputan6.com, Bekasi - Kesempatan besar untuk tampil sebagai juara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak sukses dimanfaatkan Persija Jakarta. Pada pekan ke-32 di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (24/11/2018), Persija sukses menaklukkan Sriwijaya FC 3-2.

Persija sendiri harus bersusah payah untuk menaklukkan Sriwijaya. Dua kali unggul, dua kali pula Persija disamakan. Untungnya, ada Maman Abdurahman yang tampil sebagai pahlawan. Posisi puncak klasemen pun kini jadi milik tim Macan Kemayoran.

Persija kini mengoleksi 56 poin dari 32 pertandingan. Mereka unggul dua poin atas PSM Makassar yang mengoleksi 54 poin. Namun, PSM belum memainkan laga pekan ke-32 melawan Bali United di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (25/11/2018).

Jalan Pertandingan

Persija tak butuh waktu lama untuk bikin stadion bergemuruh. Mereka mencetak keunggulan saat laga belum genap berjalan dua menit. Adalah Marko Simic yang sukses memaksimalkan bola tendangan bebas Renan da Silva dengan sundulannya.

Bahkan, Simic memiliki kesempatan untuk memperbesar peluang di menit kedelapan, ke-10, dan ke-13. Namun, upaya penyerang asal Kroasia itu kali ini belum membuahkan hasil. Terlihat Simic kurang tenang saat mengeksekusi peluang yang didapat.

Saat Persija melancarkan serangan bertubi-tubi, justru Sriwijaya yang mampu menyamakan skor. Manuchekhr Dzhalilov yang cerdik dalam penempatan posisi bisa melanjutkan operan Yogi Rahadian di menit ke-20. Untungnya, Persija gerak cepat dengan kembali membuat keunggulan di menit ke-32. Umpan silang Michael Orah mampu disambut dengan sundulan Ramdani Lestaluhu.

Di sisa waktu babak pertama, cukup banyak peluang yang didapat tim Macan Kemayoran. Salah satunya adalah di menit ke-42 lewat Maman Abdurahman. Lalu, mereka juga mendapatkan peluang di menit ke-43 lewat Novri Setiawan. Sayang, hingga babak pertama berakhir, keunggulan 2-1 Persija tak berubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Puas dengan penampilan di babak pertama membuat Teco belum mau melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Namun, tempo permainan yang berjalan tak secepat seperti babak pertama. Petaka justru datang menghampiri Persija di menit ke-62.

Wasit menunjuk titik putih setelah Jaimerson dianggap melanggar Dzhalilov di kotak penalti. Ini adalah blunder kedua Jaimerson di laga ini yang membuahkan gol. Alan Henrique yang ditunjuk sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengecoh kiper Persija, Shahar Ginanjar.

Persija mendapatkan peluang di menit ke-69. Lagi-lagi lewat Simic. Menerima umpan dari Ramdani, Simic mengontrol bola sesaat sebelum melepaskan tendangan. Namun, bola tendangan itu masih bisa ditepis satu tangan Teja Paku Alam.

Di sisa waktu babak kedua, Persija bertubi-tubi melancarkan serangan ke pertahanan Sriwijaya. Tapi, sebagian besar pemain terlalu terburu-buru dalam mengeksekusi peluang. Dalam kondisi itu, Maman tampil sebagai pahlawan. Dari situasi sepak pojok, ia memanfaatkan bola liar dengan sundulan di menit ke-90.

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Persija: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurahman, Michael Orah, Sandi Sute, Renan da Silva, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Novri Setiawan, Marko Simic

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam, Achmad Faris, Alan Henrique, Zalnando, Marckho Sandy Merauje, Yu Hyunkoo, Esteban Vizcarra, Manuchekhr Dzhalilov, Muhammad Nur Iskandar, Muhammad Hambali, Yogi Rahadian

Pelatih: Angel Alfredo Vera

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.