Peringkat Tim ASEAN di Piala AFC: Persipura Terbaik Ke-4

Oleh Luthfie Febrianto pada 22 Nov 2018, 20:40 WIB
Persipura Jayapura, Bola.com, Gojek Liga 1 bersama Buka Lapak, Boaz Solossa

Liputan6.com, Jayapura - Keberhasilan Persipura Jayapura mencapai semifinal Piala AFC 2014 masuk buku sejarah. Tim Mutiara Hitam -julukan Persipura- tercatat sebagai terbaik ke-4 dalam daftar ranking tim Asia Tenggara di ajang tersebut.

Situs berita Fox Sports Asia menempatkan Persipura Jayapura di atas wakil asal Laos (Lao Toyota), Filipina (Ceres-Negros, Kaya Iloilo), dan tiga wakil Myanmar (Yangon United, Nay Pyi Taw, dan Ayeyawady). Pencapaian Persipura ke semifinal dianggap lebih tinggi daripada capaian klub-klub tersebut.

Lao Toyota menempati peringkat ke-8 dengan ikut serta di Piala AFC pada edisi 2015 dan 2016, namun hanya hingga fase grup. Wakil Filipina, Ceres-Negros dan Kaya Iloilo masing-masing mencapai Babak 16 Besar.

Sementara itu, Yangon United dua kali ikut serta pada 2013 (fase grup), dan 2014 (babak 16 besar). Nay Pyi Taw sekali ikut serta pada 2014 dan mencapai Babak 16 Besar. Prestasi serupa diulangi Ayeyawady pada musim 2015.

Persipura Jayapura sendiri masuk ke semifinal setelah melewati hadangan lawan-lawan tangguh. Setelah lolos dari fase grup, Persipura yang saat itu dilatih Jacksen F. Tiago menggilas Yangon United 9-2 di Babak 16 Besar.

Al Kuwait lalu menjadi korban berikutnya dari keberingasan Boaz dan kawan-kawan. Kalah 2-3 di leg pertama, Persipura mengamuk dan menang 6-1 atas Al Kuwait.

 

2 of 3

Kalah dari Wakil Kuwait

Pelatih Asing, Liga 1 2017, Jacksen F. Tiago
Jacksen F. Tiago pernah membawa Persipura ke semifinal Piala AFC di musim 2014. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sayangnya, langkah Persipura harus terhenti oleh wakil Kuwait, Al-Qadsia. Persipura digulung 0-6 pada leg kedua setelah kalah 2-4 pada leg pertama.

Persipura hampir mengulangi kiprah sukses tersebut di musim sebelumnya. Sayangnya, kali ini Persipura hanya mampu mencapai Babak 16 Besar.

Sejak saat itu, Persipura tidak pernah lagi masuk Piala AFC.

Peringkat terbaik klub-klub ASEAN di Piala AFC ditempati Johor Darul Ta'zim (JDT) asal Malaysia. JDT sukses keluar sebagai juara pada musim 2015.

3 of 3

Berikut daftar ranking klub-klub ASEAN di Piala AFC.

8. Lao Toyota (Laos)

7. Ceres-Negros, Kaya Iloilo (Filipina)

6. Yangon United, Nai Pyi Taw, Ayeyawady (Myanmar)

4. Persipura Jayapura (Indonesia)

4. Becamex Binh Duong (Vietnam)

2. Muangthong United, Chonburi (Thailand)

2. Geylang United, Home United (Singapura)

1. Johor Darul Ta'zim (Malaysia)

Lanjutkan Membaca ↓