Berkepentingan, Singapura Dukung Timnas Indonesia Tekuk Filipina di Piala AFF 2018

Oleh Aning Jati pada 22 Nov 2018, 10:45 WIB
Diperbarui 22 Nov 2018, 10:45 WIB
Prediksi INDONESIA Vs FILIPINA
Perbesar
VIETNAM VS KAMBOJA (Liputan6.com/Trie yas)

Jakarta Tiga negara masih berpeluang untuk mendapatkan dua tiket ke semifinal Piala AFF 2018 dari Grup B. Ketiga negara yaitu Thailand, Filipina, dan Timnas Singapura.

Kepastian itu menyusul hasil 1-1 yang tercipta pada laga Filipina vs Thailand serta kemenangan 6-1 Timnas Singapura atas Timor Leste, Rabu malam (21/11/2018).

Thailand untuk sementara masih menduduki puncak klasemen Grup B Piala AFF 2018 dengan poin tujuh, unggul selisih gol atas Filipina yang berada di posisi kedua juga dengan poin tujuh. Sementara Singapura membuntuti dengan poin enam, ada di peringkat ketiga.

Pada laga terakhir penyisihan Grup B, Timnas Singapura akan menjalani laga hidup dan mati kontra Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Minggu (25/11/2018).

Kalah berarti keinginan bermain di semifinal harus dikubur dalam-dalam, apa pun hasil yang dicatatkan Filipina saat bertandang ke markas Timnas Indonesia di SUGBK, Jakarta, pada saat yang bersamaan.

Itulah mengapa, meski tak disampaikan secara terang-terangan, Timnas Singapura berharap Timnas Indonesia mampu menekuk Filipina dan di saat bersamaan mereka mampu setidaknya menahan imbang dengan menjaga agar tak banyak kebobolan, atau bahkan memenangi pertandingan.

"Kami berharap Indonesia melakukan yang terbaik... Tapi, kami tak ingin bergantung pada siapa pun kecuali diri kami sendiri. Kami harus keluar dan berjuang untuk hidup kami," ujar Fandi Ahmad, pelatih Timnas Singapura.

Modal meladeni Thailand sudah dikantongi Timnas Singapura, satu di antaranya, tentu kemenangan 6-1 atas Timor Leste.

Itu adalah kemenangan dengan margin terbesar yang ditorehkan the Lions sejak mengalahkan Kamboja 5-0 pada Piala AFF 2008 serta kemenangan pertama dengan pesta gol, sejak kemenangan 11-0 atas Laos pada Piala AFF 2007.

"Thailand akan jadi favorit, tapi kami akan mencoba mengejutkan mereka. Apa pun itu, kami harus memiliki pikiran yang terbuka dan bersikap positif, serta menjalani laga tandang dengan pikiran 'kami ingin ke sana dan mendapatkan tiga poin jika memungkinkan", tutur Fandi Ahmad.

Sumber: FAS

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini