Ronaldo Tak Masuk Kandidat Peraih Ballon d'Or 2018?

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 21 Nov 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Nov 2018, 07:14 WIB
Liga Champions, Selebrasi, Real Madrid

Liputan6.com, Jakarta Nama bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dikabarkan tidak masuk daftar finalis Ballon d'Or 2018. Rumor menyebutkan absennya pemilik nomor punggung 7 itu, terkait dengan keputusannya untuk meninggalkan Real Madrid dan pindah ke Juventus.

Media di Italia, seperti Gazzetta dello Sport, Corriere dello Sport dan La Stampa menyebut tidak akan ada nama Ronaldo atau bintang Barcelona, Lionel Messi, dalam daftar finalis penghargaan individu itu.

Bahkan, Il Corriere secara khusus mengacu pada video yang diterbitkan L'Equipe, yang mempromosikan upacara pada 3 Desember nanti. Video dimulai dengan gambar kemenangan Ronaldo tahun lalu.

Kabarnya dalam tiga nama yang masuk sebagai finalis ada dua pemain Real Madrid. Ketiganya adalah Luka Modric, Raphael Varane, dan Kylian Mbappe.

2 of 3

Bek Pertama

FIFA 2018, Pemain Terbaik, FIFA
2. Raphael Varane - Bek Real Madrid (Prancis). (AFP/Franck Fife)

Varane dinilai layak mendapat penghargaan karena berprestasi di Piala Dunia dan Liga Champions tahun ini. Jika menang, ia akan menjadi pemain pemain bertahan pertama yang memenangkan Ballon d'Or sejak Fabio Cannavaro pada 2006.

3 of 3

Kandidat Kuat

Top scorer sementara Serie A
2. Cristiano Ronaldo (Juventus) - 7 Gol (1 Penalti). (AFP/Marco Bertorello)

Ronaldo bergabung dengan Juventus setelah sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat tahun. Sepanjang kariernya, Ronaldo telah menyabet 5 gelar Ballon d'Or atau Gelar Pemain Terbaik Dunia.

Untuk Ballon d'Or 2018 ini, Ronaldo menjadi salah satu kandidat kuat untuk memenangkan penghargaan ini. Maklum ia berkontribusi besar saat membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu.

Lanjutkan Membaca ↓