3 Gelandang Termahal di Bursa Transfer, Harganya Lebih dari Rp 1,6 Triliun

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 21 Nov 2018, 19:00 WIB
FOTO: Ronaldo dan Griezmann Cetak Gol, Derby Madrid Berakhir Imbang

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer dalam dua tahun ke belakang mengalami perubahan yang sangat drastis. Harga-harga pemain melonjak tinggi di luar nalar.

Saul Niguez misalnya. Gelandang Atletico Madrid ini masih berusia 23 tahun, tapi harganya sudah 90 juta euro atau setara dengan Rp 1,4 triliun bila dijual pada bursa transfer musim dingin.

Dia dihargai mahal karena memiliki kecepatan dalam mengontrol bola. Dia bisa membangun serangan dan dianggap sebagai gelandang paling lengkap di generasi milenial.

Gelandang Timnas Spanyol itu tercatat telah mencatatkan 220 penampilan bersama Atletico. Dia mencatatkan 30 gol dan berhasil menyumbang 16 assist.

Namun demikian, Saul bukanlah salah satu gelandang termahal di dunia. Menurut Sokkaa, ada tiga gelandang yang harganya sangat mahal saat bursa transfer Januari nanti.

 

 

2 of 4

Dele Alli

Dele Alli
Gelandang Tottenham Hotspur, Dele Alli. (AP Photo/Frank Augstein)

Gelandang kelahiran Milton Keynes, Inggris ini dinilai sebagai aset terbesar Tottenham Hotspur. Dele Allie telah membuktikannya dengan mencetak 40 gol dari 100 penampilan terakhir bersama Spurs di semua kompetisi.

Alli selalu menjadi andalan Mauricio Pochettino di skuat The Lilywhite. Pemain berusia 22 tahun itu mampu bermain di tiga posisi, yakni penyerang lubang, gelandang serang, atau playmaker.

Dengan bakat yang dimilikinya, Alli dihargai sebesar 100 juta euro atau senilai dengan Rp 1,66 triliun. Harga yang sangat mahal untuk gelandang muda, yang belum pernah memenangkan sebuah piala.

 

 

3 of 4

Philippe Coutinho

Brasil, Piala Dunia 2018, Pesta Bola 2018
Gelandang Brasil, Philippe Coutinho. (AP/Petr David Josek)

Philippe Coutinho merupakan gelandang serang Timnas Brasil dan Barcelona. Dia bergabung dengan klub asal Spanyol itu pada 6 Januari 2018 setelah dibeli dari Liverpool.

Pemain berusia 26 tahun ini bisa bermain sebagai winger ataupun gelandang serang. Coutinho punya kemampuan istimewa, seperti tendangan jarak jauh, hingga kecerdasannya melewati lawan.

Karena kemampuannya itu, Coutinho yang pernah memperkuat Inter Milan, memiliki nilai jual yang sangat tinggi, yakni 150 juta euro (Rp 2,4 triliun).

 

4 of 4

Kevin De Bruyne

PFA, Mohamed Salah, Premier League
Kevin De Bruyne. (AP/Dave Thompson)

Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne menjadi gelandang termahal di dunia saat ini. Harganya ditaksir mencapai 160 juta euro atau setara dengan Rp 2,6 triliun.

Musim lalu, pemain berusia 27 tahun itu membawa Manchester City menjadi juara Liga Inggris. Tak sekadar juara, De Bruyne membawa Manchester City finis dengan 100 poin.

Gelandang Timnas Belgia ini memiliki keakuratan dalam mengeksekusi tendangan bebas. Bahkan, dia digembor-gemborkan bisa memenangkan Ballon d'Or di masa depan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by