Sukses

5 Alasan Media Luar Minta Edy Rahmayadi Mundur dari PSSI

Performa mengecewakan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 ikut menyeret nama Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PSSI.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menelan kekalahan kedua dalam lanjutan Grup B Piala AFF 2018. Skuat Garuda takluk dari sang juara bertahan Thailand dengan skor 2-4 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018).

Hasil tersebut membuat peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke semifinal semakin berat. Performa mengecewakan yang ditunjukkan Timnas Indonesia itu pada ajang Piala AFF juga ikut menyeret nama Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PSSI.

Suporter Garuda sudah sangat kecewa dengan kepemimpinan PSSI di bawah komando Edy Rahmayadi. Bahkan, tak sedikit yang menuntut mantan Pangkostrad itu untuk segera mundur dari jabatannya tersebut.

Berikut ini lima alasan Edy Rahmayadi harus mundur dari posisi Ketua Umum PSSI seperti dilansir Fox Sports.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Performa Buruk Timnas Indonesia

Edy Rahmayadi ditunjuk sebagai Ketua Umum PSSI pada 2016. Tetapi, penampilan Timnas Indonesia kemudian justru semakin merosot. Skuat Garuda mampu menembus final Piala AFF 2016, tapi setelah itu tidak ada peningkatan, dan bahkan kini tengah kesulitan.

Timnas Indonesia sudah menelan dua kekalahan dari tiga pertandingan di penyisihan Grup B Piala AFF 2018 sehingga posisinya sedang dalam bahaya. Skuat racikan Bima Sakti itu berada di peringkat keempat klasemen grup dengan hanya menyisakan satu pertandingan.

Sementara Thailand, Filipina, dan Singapura memainkan pertandingan lebih sedikit dari Timnas Indonesia. Tapi, mereka berada di posisi yang lebih baik untuk meraih salah satu tempat di semifinal. Itu jelas membuat penggemar sepak bola Indonesia sangat kecewa dan menuntut ketua PSSI untuk mundur dari posisinya.

3 dari 6 halaman

2. Kompetisi Liga 1 Tetap Bergulir Selama Piala AFF

Salah satu hal yang cukup mengejutkan bagi pecinta sepak bola pada umumnya adalah tetap bergulirnya kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak selama perhelatan Piala AFF 2018. Anehnya, pertandingan liga dimainkan di hari ketika Timnas Indonesia kalah dari Singapura pada pertandingan pembuka dan beberapa jam sebelum kick-off melawan Thailand juga.

Suporter timnas Indonesia banyak yang protes karena PSSI mengizinkan pertandingan liga untuk terus berjalan disaat tim nasional mereka berjuang di Piala AFF 2018.

4 dari 6 halaman

3. Lupa Pasang Patch di Jersey

Setelah pertandingan liga tetap berjalan selama Piala AFF 2018, PSSI kembali menjadi sorotan karena mereka lupa memasang patch turnamen pada seragam pemain dalam pertandingan melawan Timor Leste.

Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo mengakui bahwa mereka sebenarnya sudah mendapat cukup banyak patch dari AFF, tetapi lupa memasangnya. Karena keteledoran tersebut, PSSI terancam mendapat denda sebesar Rp 73 juta.

5 dari 6 halaman

4. Kekerasan Terhadap Suporter

Awal tahun ini, sebuah video beredar di media sosial yang menunjukkan bahwa Edy Rahmayadi menampar seorang suporter karena menyalakan flare selama pertandingan PSMS Medan melawan Persela Lamongan di Stadion Teladan, Medan.

Akan tetapi, Edy Rahmayadi berkilah dan mengatakan bahwa dia hanya memperingatkan suporter agar tak menyalakan flare. "Saya ingin mencegah [denda lain] dan itu sebabnya saya mendekati suporter, saya tidak menampar siapa pun," katanya.

6 dari 6 halaman

5. Rangkap Jabatan

Banyak fans yang menuntut mundur Edy Rahmayadi karena dia sekarang merangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatra Utara dan Ketua Umum PSSI.

Bahkan, sekarang sudah muncul petisi online berjudul Edy Must Resign sebagai Ketua PSSI dan telah ditandatangani oleh lebih dari 59 ribu netizen karena para fans menginginkan dia fokus pada pekerjaannya sebagai gubernur.

Ketika ditanya soal rangkap jabatannya tersebut, Edy Rahmayadi mengatakan, "Apa urusan Anda menanyakan pertanyaan seperti itu? Anda tidak berhak untuk bertanya kepada saya! Saya memiliki hak untuk tidak menjawab pertanyaan Anda."

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.