Piala AFF 2018: Usai Hajar Indonesia, Thailand Bidik Filipina

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 19 Nov 2018, 20:10 WIB
Diperbarui 19 Nov 2018, 23:15 WIB
Thailand Vs Timnas Indonesia

Liputan6.com, Bacolod - Timnas Thailand bersiap untuk melanjutkan langkahnya di Grup B Piala AFF 2018. Rintangan selanjutnya yang akan dihadapi adalah melawat ke markas Filipina di Panaad Stadium, Bacolod City, Rabu (21/11/2018).

Untuk menghadapi laga tersebut, Thailand mengantongi modal bagus dalam dua laga Grup B Piala AFF 2018. Mereka mengawali petualangan dengan mempermalukan Timor Leste tujuh gol tanpa balas di Rajamangala National Stadium.

Lalu, keangkeran Rajamangala kembali memakan korban. Korban terkini adalah Timnas Indonesia pada Sabtu (17/11/2018). Di hadapan pendukungnya sendiri, Thailand menghajar tim Merah Putih 4-2 lewat gol Korrakot Wiriya-Udomsiri di menit ke-38, Pansa Hemviboon (45+3), Adisak Kraisorn (64), dan Pokkhao Anan (74).

Dua kemenangan itu membawa Thailand memuncaki klasemen Grup B Piala AFF 2018 dengan raihan enam poin. Mereka unggul selisih gol atas Filipina yang juga telah mengumpulkan enam poin dari dua laga. Karenanya, jika menang atas Filipina, Thailand akan menjauh dari kejaran para pesaingnya.

Meski akan jadi laga penting yang bisa menentukan kelolosan mereka, mereka justru terbang ke Filipina di waktu yang mepet. Mereka berangkat dari Bandara Internasional Suvarnabhumi, Senin (19/11/2018). Nantinya, mereka akan terlebih dulu bermalam di Manila sebelum melakukan perjalanan ke Bacolod City.

"Kami siap meski belum lama ini baru melakukan pertandingan dengan Indonesia. Kami mencoba untuk merehabilitasi para pemain agar siap di Filipina. Kami punya modal bagus dan saya berharap bisa mendapatkan hasil yang bagus," ujar pelatih Milovan Rajevac, di situs FA Thailand.

 

2 dari 2 halaman

Rekor Bagus

Thailand Vs Timnas Indonesia
Timnas Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam WIB. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Di sisi lain, The War Elephants memiliki catatan yang bagus saat bertemu dengan Filipina di Piala AFF. Mereka tak pernah menelan kekalahan dalam sembilan pertemuan terakhir. Bahkan, delapan di antaranya berakhir dengan kemenangan Thailand.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di fase grup Piala AFF 2016. Saat itu Thailand menang 1-0 berkat gol Sarawut Masuk di menit ke-81. Tak kalah hebat, Thailand memiliki catatan bagus lainnya, yakni selalu menang di fase grup sejak Piala AFF 2012.

"Tiba di Bacolod satu hari sebelum pertandingan tidak ada dampaknya. Kami akan menjalani latihan formal sebelum laga, itu sudah jadi tradisi. Jadi saya tak berpikir itu akan banyak mempengaruhi tim," Rajevac menegaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Agnes Keleti, Atlet Peraih Medali Olimpiade Tertua