Sukses

AFF 2018: Raih 3 Poin, Thailand Tetap Puji Timnas Indonesia

Timnas Indonesia memulai laga dengan performa lebih baik dari Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Sempat tampil meyakinkan, Timnas Indonesia tetap harus mengakui keunggulan Thailand pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018. Di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018), Indonesia menyerah 2-4 dari Thailand.

Di awal babak pertama, Timnas Indonesia terlihat telah memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada dua laga sebelumnya. Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan tampil jauh lebih tenang dan berani dalam melakukan penguasaan bola.

Hasilnya, Timnas Indonesia unggul lebih dulu berkat gol Zulfiandi di menit ke-29. Sayang, setelah unggul, Indonesia justru kembali kehilangan karakternya. Thailand pun bisa mencetak empat gol balasan lewat Korrakot Wiriya-Udomsiri di menit ke-38, Pansa Hemviboon (45+3), Adisak Kraisorn (64), dan Pokkhao Anan (74).

Di sisa waktu, Timnas Indonesia hanya bisa menambah satu gol lewat Fachrudin Aryanto di menit ke-89. Akibat hasil itu, peluang Indonesia melaju ke semifinal semakin tertutup. Namun, pelatih Thailand, Milovan Rajevac tetap memberikan pujian untuk anak asuh Bima Sakti itu.

"Indonesia memulai pertandingan dengan kuat. Sayangnya kami kehilangan dua peluang di awal dan kemudian kebobolan. Indonesia banyak berlari dan menekan garis pertahanan kami. Mereka memaksa tim kami membuat beberapa kesalahan," ujar Rajevac, dikutip situs AFF Suzuki Cup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Puas

Pada dasarnya, Rajevac mengakui bahwa Thailand sempat tampil di bawah ekspektasinya. Namun, berkat gol Wiriya-Udomsiri yang dicetak dari sepak pojok, kepercayaan diri The War Elephants pun kembali tinggi. Ditambah dengan gol yang tercipta di akhir babak pertama.

"Ini adalah sesuatu yang saya tidak puas, terutama karena kami kebobolan dari corner. Kami harus sedikit lebih rapat dan bertahan lebih baik dalam situasi seperti ini. Kami terlalu santai di awal laga. Setelah menang 7-0 di laga pertama, kami tak memulai laga seperti yang kami harapkan," Rajevac menegaskan.

Dengan kemenangan atas Indonesia, peluang Thailand untuk melaju ke semifinal pun semakin besar. Saat ini pengoleksi lima gelar juara Piala AFF tersebut memuncaki klasemen Grup B dengan koleksi enam poin, unggul selisih gol atas Filipina.

Selanjutnya, Thailand masih memiliki dua pertandingan yang bisa dimaksimalkan. Mereka akan menghadapi Filipina di Panaad Stadium, Rabu (21/11/2018), dan menjamu Singapura, Minggu (25/11/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.