Ini Penyebab Timnas Indonesia Babak Belur di Thailand

Oleh Benediktus Gerendo PradigdoZulfirdaus Harahap pada 17 Nov 2018, 22:37 WIB
Diperbarui 17 Nov 2018, 22:37 WIB
Thailand Vs Timnas Indonesia

Bangkok - Timnas Indonesia takluk 2-4 dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) malam WIB. Pelatih Bima Sakti menyebut gol kedua yang dicetak Thailand, serta beberapa kesalahan pada babak kedua jadi biang kekalahan timnya.

Pada laga tersebut, Timnas Indonesia berhasil unggul lebih dulu melalui aksi Zulfiandi pada menit ke-29. Namun, keunggulan tersebut hanya bertahan sampai menit ke-38 setelah Thailand mencetak gol penyeimbang melalui Korrakot Wiriya-Udomsiri.

Menjelang akhir babak pertama tepatnya menit ke-45+3', Thailand berbalik unggul melalui gol Pansa Hemviboon. Skor 2-1 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia harus kebobolan dua gol lagi melalui aksi Adisak Kraisorn (65') dan Pokkhao Anan (74'). Adapun Indonesia hanya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Fachrudin Aryanto pada menit ke-89.

"Kami bermain bagus pada awal pertandingan. Pada babak kedua, kami melakukan beberapa kesalahan yang membuat kami harus kalah," kata Bima Sakti sesuai pertandingan.

"Kami memiliki konsentrasi yang bagus pada babak pertama karena mencetak gol indah. Akan tetapi, setelah itu kami kebobolan dan gol kedua Thailand membuat kami down. Kami sempat bangkit ketika mencetak gol kedua, namun sudah terlambat. Thailand bermain bagus dan sulit untuk membongkar lini pertahanan mereka," ujar Bima Sakti.

Kekalahan ini membuat posisi Timnas Indonesia terpojok. Tim Merah Putih turun ke peringkat empat dengan raihan tiga poin dan akan melakoni laga terakhir melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018).

Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal andai mampu mengalahkan Filipina. Namun, Filipina lebih dulu akan menghadapi Thailand, Rabu (21/11/2018). Andai Filipina mampu meraih kemenangan atau hasil imbang, bisa dipastikan Indonesia tersingkir lebih cepat dari Piala AFF 2018.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini