Sukses

Trofi Liga 1 2018 Terbang ke Luar Pulau Jawa?

PSM Makassar memuncaki klasemen Liga 1 2018 dengan 54 poin, unggul empat dari Persija Jakarta dan lima poin dengan Persib Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil imbang yang diraih PSM Makassar melawan Persija Jakarta membuat persaingan perebutan gelar juara kompetisi Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak semakin seru. Laga yang berlangsung di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (16/11/2018) petang WIB, berakhir dengan skor 2-2.

Hasil itu tidak menggoyahkan posisi PSM di puncak klasemen sementara Liga 1. Tim Juku Eja mengoleksi 54 poin dari 31 laga. Sementara Persija di peringkat kedua dengan 50 poin, disusul Persib Bandung dengan 49.

Persija dan Persib baru memainkan 30 pertandingan. Persib baru akan bermain Minggu (18/11/2018) menghadapi tuan rumah PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang. Jika menang, Persib bakal memangkas selisih poin dengan PSM menjadi dua angka.

Begitu juga dengan Persija. Macan Kemayoran akan menghadapi Persela dalam laga tunda pada 20 November mendatang. Jika menang, pasukan Stefano Cuggurra itu hanya tertinggal satu angka dari PSM.

Dengan tiga pertandingan sisa, persaingan PSM, Persija, dan Persib untuk menjadi kampiun Liga 1 2018 semakin ketat. Tetapi, PSM dan Persija lebih berpeluang. Pasalnya, meski memainkan dua laga di kandang, Persib tetap harus menjalani partai usiran.

Selain itu, Maung Bandung juga tidak bisa mendapatkan dukungan langsung bobotoh hingga setengah musim kompetisi 2019. Hal ini tentu sangat merugikan bagi pasukan Roberto Mario Carlos Gomez di tengah persaingan ketat dengan PSM dan Persija.

Seperti diketahui, sejak terkena sanksi Komisi Disiplin PSSI, Persib sulit meraih kemenangan pada laga-laga Liga 1 berikutnya. Dari tujuh laga, Maung Bandung hanya sekali menang, dua imbang, dan empat kali kalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Sisa

PSM tinggal menyisakan tiga laga lagi. Dari tiga laga tersebut, skuat racikan Robert Rene Alberts ini akan bermain di kandang, yakni menghadapi Bali United dan PSMS Medan. Sementara satu laga lagi menghadapi tuan rumah Bhayangkara FC.

Bermain di kandang, PSM punya rekor bagus. Dari 15 kali mentas di hadapan pendukung sendiri, Zulkifli Syukur dan kolega sudah mencatat 11 kemenangan, tiga imbang, dan baru sekali kalah. Ini menjadi modal bagus bagi PSM.

Sementara itu, Persija akan menjalani tiga laga kandang dan satu tandang. Ketiga laga kandang tersebut menghadapi Persela Lamongan, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar. Dengan dukungan penuh Jakmania, Persija diprediksi dapat menyapu bersih tiga laga ini dengan kemenangan.

Sedangkan Persib masih akan menjalani dua laga kandang dan tandang. Pada laga tandang, Persib akan bentrok dengan PSIS Semarang dan Persela. Sementara di dua laga kandang menjamu Perseru Serui dan Barito Putera.

3 dari 3 halaman

Luar Pulau Jawa

Liga 1 edisi 2017 dimenangkan Bhayangkara FC. Sebelumnya, dalam ajang Liga Super Indonesia (2008-2016) gelar juara lebih banyak dimenangkan tim luar Pulau Jawa. Persipura tercatat empat kali menjadi juara, yaitu 2008-09, 2010-11, 2012-13, dan 2015-16.

Sementara itu, Sriwijaya FC sekali tampil sebagai kampiun, yakni 2011-12. Sementara tim Pulau Jawa tampil dua kali sebagai juara, yakni Arema Indonesia di musim 2009-10 dan Persib Bandung pada musim 2013-14.

Akankah musim ini gelar juara direbut tim luar Pulau Jawa, yaitu PSM Makassar. Terakhir kali, PSM tampil sebagai juara pada kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia pada musim 1999-2000. Ssaat itu, kompeti masih bernama Liga Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.