Piala AFF 2018: Thailand Hadapi Timnas Indonesia dengan Wajah Baru

Oleh Luthfie Febrianto pada 16 Nov 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 16 Nov 2018, 17:00 WIB
Adisak Kraisorn
Perbesar
Salah satu wajah baru di timnas Thailand, Adisak Kraisorn, top scorer sementara Piala AFF 2018. (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada partai ketiga Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (16/11/2018) di Stadion Rajamangala, Bangkok. Boleh dibilang, Thailand yang akan dihadapi timnas Indonesia adalah Thailand yang baru.

Pasalnya, Thailand hanya membawa Tanaboon Kesarat sebagai pemain yang pernah melawan timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Sementara, sisa 22 pemain adalah para pemain yang baru mentas di Piala AFF.

Sebelumnya, pelatih Milovan Rajevac memang sengaja memanggil pemain-pemain lapis kedua untuk Piala AFF kali ini. Itu tidak terlepas dari Thailand yang lebih memprioritaskan Piala Asia 2019 ketimbang Piala AFF.

Empat pemain bintang Thailand setidaknya absen di Piala AFF kali ini. Mereka adalah kiper Kawin Thamsatchanan, striker Teerasil Dangda, gelandang Theerathon Bunmanthan dan Chanathip Songkrasin.

Keempatnya bersama dengan Tanaboon adalah anggota skuat Thailand saat mengalahkan timnas Indonesia di Final Piala AFF 2016. Empat pemain itu absen lantaran tidak diizinkan tampil oleh klubnya masing-masing.

 

 

2 dari 3 halaman

Dari Kompetisi Lokal

Timnas Thailand, Piala AFF 2018, Timnas Indonesia
Perbesar
Thailand tak mau meremehkan Timnas Indonesia pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Untuk Piala AFF kali ini, Radjevac memanggil para pemain yang bermain di kompetisi Liga Thailand. Buriram United menyumbang jumlah terbanyak yakni empat pemain.

Empat pemain Buriram yang dipakai adalah kiper Siwarak Tedsungnoen, bek Pansa Hemviboon, Ratthanakorn Maikami, dan striker Supachai Jaided. Di antara keempatnya, Supachai menjadi yang termuda dengan usia 19 tahun.

"Tanpa pemain inti, kami masih favorit dan saya punya kepercayaan terhadap kemampuan pemain saya untuk mengatasi tekanan," kata Rajevac.

3 dari 3 halaman

Tetap Tangguh

Kendati tidak membawa tim utama, penampilan Thailand tetap meyakinkan. Di pertandingan pertama, juara bertahan Piala AFF ini melibas Timor Leste 7-0.

Pada pertandingan melawan timnas Indonesia, bukan tidak mungkin, Thailand akan kembali menunjukkan tajinya sebagai tim terkuat di Asia Tenggara.

Daftar 23 pemain Thailand

Kiper: Siwarak Tedsungnoen (Buriram United), Chatchai Budprom and Saranon Anuin (Chiangrai United), Kwanchai Suklom (Prachuap)

Bek: Mika Chunuonsee, Manuel Bihr (Bangkok United), Suphan Thongsong (Suphanburi), Sasalak Haiprakhon, Korrakot Wiriyaudomsiri, Pansa Hemviboon (Buriram United), Marco Ballini (Chainat Hornbill), Philip Roller (Ratchaburi Mitr Phol), Chalermpong Kerdkaew (Nakhon Ratchasima), Kevin Deeromram (Port FC) 

Gelandang: Anon Amornlerdsak, Thitipan Puangchan, Tanaboon Kesarat (Bangkok Glass), Sumanya Purisai, Sanrawat Dechmitr, Pokklaw Anan (Bangkok United), Ratthanakorn Maikami (Buriram United), Nurul Sriyankem and Pakorn Prempak (Port FC) 

Striker: Chananan Pombuppha (Suphanburi), Supachai Jaided (Buriram United), Adisak Kraisorn (Muangthong United), Mongkol Tossakrai (Police Tero)

Lanjutkan Membaca ↓