Musim Depan, Liga Inggris Bakal Pakai VAR

Oleh Adyaksa Vidi pada 16 Nov 2018, 13:15 WIB
Diperbarui 16 Nov 2018, 14:17 WIB
Ilustrasi VAR di sepak bola

Liputan6.com, London - Seluruh klub Liga Inggris telah setuju secara prinsip soal pemakaian VAR mulai musim 2019/20. Mereka berharap adanya VAR bakal membuat pertandingan menjadi lebih baik.

Musim ini Liga Inggris memang belum memakai VAR. Padahal Serie A dan Bundesliga sudah memakainya sejak musim ini.

Sementara La Liga akan memakainya musim depan. Ajang lain yang juga memakai teknologi ini adalah Piala Dunia 2018 lalu.

Di Inggri sendiri teknologi VAR sudah dipakai dalam dua kompetisi yakni Piala Liga Inggris dan Piala FA. Namun untuk Liga Inggris belum dipakai karena seluruh klub tak menemui kata sepakat akhir musim lalu.

"Kami akan mengujicoba teknologi ini dalam beberapa laga Liga Inggris yang digelar Sabtu siang. Selain itu kami juga terus mengkomunikasikan aturan VAR pada fans," bunyi pernyataan resmi Liga Inggris.

 

2 dari 2 halaman

Masa Kegelapan

Nestor Pitana
Wasit Nestor Pitana menunjuk titik penalti setelah mendapat arahan dari video assistant referee (VAR) pada final Piala Dunia 2018. (AP Photo/Petr David Josek)

Pekan lalu Southampton memprotes keras karena Liga Inggris belum memakai VAR. Mereka menilai banyak keputusan wasit yang merugikan.

"Untuk beberapa alasan Liga Inggris masih memasuki masa kegelapan. Saya pikir VAR harus segera diperkenalkan," ujar manajer Southampton, Mark Hughes.

"Jujur saya terkejut Liga Inggris belum memperkenalkan VAR musim ini. Liga lain sudah memakainya dan beberapa olahraga lain juga sudah memakai video review," katanya menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Pakai Alat Ini, Lari Bisa 10 Persen Lebih Cepat