Sukses

Ini Menu Latihan Perdana Timnas Indonesia di Thailand

Simak laporan Bola.com dari latihan perdana Timnas Indonesia di Bangkok, Kamis (15/11/2018), jelang melawan Thailand.

Bangkok - Timnas Indonesia menjalani latihan perdana setelah tiba di Bangkok, Thailand, Kamis (15/11/2018) sore. Pelatih Bima Sakti memberikan menu sesi taktik di Stadion Universitas Kasetsart. 

Pemain Tim Garuda melakukan latihan mengalirkan bola pendek untuk melatih penguasaan bola sebelum membangun serangan.

Semua pemain tiba di lapangan latihan dengan kondisi bugar dan tampak antusias menjalani latihan, yang dimulai dengan rondo, dan berlanjut dengan takti di lini tengah.

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, membagi dua kelompok pemain yang terdiri dari enam orang, empat orang dari masing-masing kelompok berhadapan, dan dua pemain lainnya berada di belakang empat pemain lawan.

Empat pemain berusaha mengalirkan bola kepada dua rekannya yang berada di belakang empat pemain lawan dengan lebih dulu memainkan bola bersama ketiga rekannya. Sementara pemain lawan berusaha menghalau dengan mengatur organisasi siapa yang maju menghalau dan siapa yang bersiaga menutup aliran bola.

Bima mengungkap latihan tersebut untuk mengingatkan kembali pemain Timnas Indonesia mengenai pentingnya menjaga bola serta melatih naluri terkait siapa yang bertugas untuk mengawal pemain lawan yang memegang bola ketika harus melakukan transisi.

"Kami sudah pernah melatih ini sebelumnya dan saya terapkan lagi agar pemain ingat ketika bola berpindah, mereka segera tahu di mana posisi yang seharusnya, termasuk siapa pemain yang harus memberikan tekanan kepada pemain lawan, siapa yang harus mendukung di belakangnya, dan siapa yang membuat segitiga menutup aliran bola," ujar Bima.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi Bagus

Selain itu, Bima juga memberikan sesi permainan agar pemain bisa benar-benar beradaptasi dengan kondisi sekitarnya dan kembali melatih skema organisasi permainan baik ketika menyerang maupun ketika bertahan.

"Kami banyak beradaptasi, terutama untuk cuaca. Kami juga melatih organisasi bertahan dan menyerang. Kami perlu menjaga kekompakan pemain dalam permainan, bagaimana bertahan bersama-sama, maupun menyerang bersama. Semua pemain pun perlu tahu di mana posisi ketika harus mengantisipasi serangan Thailand," lanjutnya.

Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam laga ketiga Grup B Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Pemain Tim Garuda tampak dalam kondisi bagus karena motivasi tinggi yang mereka dapatkan setelah menang 3-1 atas Timor Leste.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.