Piala AFF 2018: Lawan Vietnam, Malaysia Ragu Raih 3 Poin

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 15 Nov 2018, 16:45 WIB
Diperbarui 15 Nov 2018, 18:18 WIB
Timnas Malaysia, Piala AFF 2018

Liputan6.com, Hanoi - Setelah melewati dua laga Grup A Piala AFF 2018 dengan mulis, Malaysia kini akan mendapatkan tantangan berat. Pada laga ketiga, mereka menantang Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi, Jumat (16/11/2018).

Sebelumnya, Malaysia sudah meraih dua kemenangan di Grup A Piala AFF 2018. Tiga poin pertama didapat usai menang 1-0 atas Kamboja di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamis (8/11/2018). Lalu, ia meraih kemenangan kedua saat menjamu Laos di Stadion Bukit Jalil, Senin (12/11/2018).

Malaysia tertinggal 0-1 lebih dulu akibat gol Phithack Kongmathilath di menit ketujuh. Mereka memang bisa langsung menyamakan skor di menit ke-15 lewat Mohd Zaquan Adha. Namun, setelah itu mereka kesulitan untuk menjebol gawang Laos.

Upaya Malaysia baru membuahkan hasil di menit ke-86. Adalah Norshahrul Idlan yang membuat Malaysia membalikkan keadaan. Lalu, ia menambah koleksi golnya di menit ke-90+2 usai memaksimalkan umpan Muhammad Akhyar.

Berkat kemenangan itu, peluang Malaysia untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018 semakin besar. Namun, mereka terancam tak bisa mempertahankan posisi puncak mengingat mereka akan bertanding di markas Vietnam. Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe pun mengakui bahwa Vietnam adalah favorit di laga itu.

"Tim dalam semangat yang bagus untuk laga ini. Tentu saja kami tahu dan menyadari bahwa Vietnam adalah favorit. Mereka memiliki waktu lebih banyak untuk istirahat dan mereka juga tampil di kandang. Tapi kami telah mempersiapkan diri untuk tantangan ini," ujar Cheng Hoe, dikutip Fox Sports Asia.

 

2 dari 2 halaman

Pantang Menyerah

Timnas Malaysia, Piala AFF 2018
Para pemain Malaysia saat merayakan gol ke gawang Laos pada laga kedua Grup A Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Sejak sebelum dimulainya turnamen, Vietnam telah dianggap sebagai salah satu favorit juara. Di antara semua peserta, Vietnam memang mungkin tim yang memiliki skuat paling lengkap. Bisa dibilang, saat ini mereka sedang diperkuat generasi emas, khususnya untuk para pemain muda mereka.

Di Piala AFF 2018, Vietnam mengandalkan jebolan-jebolan Piala AFF 2016 Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Deng, hingga deretan penyerang energik Nguyen Van Quyet, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Anh Duc. Lalu, pelatih Park Hang-seo juga menyertakan para pemain Vietnam U-23.

Seperti diketahui, Vietnam U-23 baru saja membuat kejutan di Piala AFC U-23 2018 dengan melaju hingga babak final. Sayang, mimpi mereka untuk membawa pulang gelar harus kandas akibat kekalahan 1-2 dari Uzbekistan pada final yang dihelat hingga babak tambahan itu.

Mereka pun mengawali petualangan di Grup A Piala AFF 2018 dengan hasil meyakinkan. Berlaga di markas Laos, tim besutan Park Heong Seo itu menang tiga gol tanpa balas berkat aksi Nguyen Cong Phuong, Nguyen Anh Duc, dan Nguyen Quang Hai.

"Kami memiliki enam poin dan tambahan satu poin dari laga ini akan bagus untuk kami. Tapi, kami selalu berusaha untuk bermain lebih baik. Kami memiliki tetap termotivasi dan meningkatkan kinerja tim melawan Vietnam," Cheng Hoe menegaskan.

Lanjutkan Membaca ↓
Alex Marquez Juarai MotoGP Virtual