Sukses

Gagal ke Liga 1, Persiba Balikpapan Siap Dijual ke Investor

Pemkot Balikpapan menyerahkan kepada investor yang berminat untuk mengelola Persiba Balikpapan.

Liputan6.com, Balikpapan - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menawarkan pengelolaan tim Persiba kepada pihak swasta. Pihak pengelola, PT Persiba Beriman sudah tidak sanggup lagi mengoperasikan tim kesebelasan yang bertanding di Liga 2 Indonesia.

“Silakan bagi investor yang siap mengelola Persiba,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Selasa (13/11/2018).

Pemkot Balikpapan sudah membentuk tim memverifikasi investor pengambil alihan pengelolaan Persiba. Tim terdiri dari berbagai unsur pemerintah daerah hingga aktifis masyarakat.

Sebelumnya, PT Persiba Beriman resmi mengembalikan pengelolaan tim ‘Beruang Madu’ kepada pemerintah daerah. Pengembalian operasional Persiba juga menyisakan utang manajemen kepada Ketua Umum, Syahrir Taher sebesar Rp 5 miliar.

Rizal mengungkapkan, sudah ada beberapa investor yang menyatakan berminat mengelola tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan itu musim depan. Tim verifikasi nantinya yang menunjuk investor swasta dianggap mampu menangani Persiba.

Wakil Wali Kota Balikpapan, Rachmad Mas’ud menjadi salah satu pihak disebut sebut tertarik mengelola Persiba. Politikus sekaligus pengusaha dianggap mampu menangani berbagai permasalahan melilit Persiba.

“Kita lihat saja nanti," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bersaing

Sementara itu, Rachmad mempersilakan pihak lain agar mengikuti proses verifikasi sedang dilakukan Pemkot Balikpapan. Ia mengaku akan memberikan dukungan bagi kelompok masyarakat yang berkomitmen dalam penyelamatan nasib Persiba.

Meskipun begitu, Rachmad pun mengaku siap bila nantinya dipercaya mengelola Persiba dalam beberapa tahun kedepan. Menurutnya, Persiba sudah menjadi salah satu simbol dimiliki masyarakat Balikpapan.

“Kalau soal siap ya siap siap saja, tapi tetap saja lihat nanti perkembangannya,” ujarnya.

Musim ini Persiba gagal memenuhi targetnya kembali ke liga 1. Frengky Turnado dan kawan-kawan bahkan harus berjuang untuk tetap bertahan di liga 2 musim depan. Beruntung di laga terakhir, Persiba sukses meraih tiga poin sekaligus memastikan bertahan di Liga 2.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Persiba Balikpapan merupakan tim kebanggaan warga Kalimantan yang berjuluk Beruang Madu

    Persiba Balikpapan

  • Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.
    Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.

    Liga 2

  • Persiba