Indonesia Vs Timor Leste: Riko Simanjuntak Jelaskan Selebrasinya

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Nov 2018, 13:30 WIB
Diperbarui 14 Nov 2018, 14:18 WIB
Timnas Indonesia Unggul Atas Timor Leste di Piala AFF 2018

Jakarta - Riko Simanjuntak ikut menyumbang sebuah assist saat Indonesia mengalahkan Timor Leste 3-1 di laga Piala AFF 2018Piala AFF 2018, Selasa (13/11). Usai assist-nya dijadikan gol oleh Alberto Goncalves, dia melakukan selebrasi seorang diri.

Riko beraksi dengan mengacungkan kedua tangan, membentuk salam jempol telunjuk yang menjadi lambang dari The Jakmania.

Ketika Beto dan sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi gol ketiga di depan tribun timur SUGBK, Riko Simanjuntak melakukan selebrasi seorang diri ke arah tribun barat. Bagi Indonesia, ini kemenangan pertama di Piala AFF 2018.

Seperti yang dilihat Bola.com, Riko mengacungkan kedua tangan ke atas dan memperlihatkan jempol dan telunjuk yang terbuka ke arah penonton. Gesture itu merujuk pada sinyal The Jakmania, atau suporter Persija.

Riko Simanjuntak spontan melakukan selebrasi tersebut, karena perasaan gembira bisa membantu Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam pertandingan kedua di Piala AFF 2018 itu. Riko menjelaskan alasan mengapa dirinya melakukan selebrasi tersebut.

"Saya melihat ada spanduk di tribun penonton yang bertuliskan The Jakmania, Riko. Makanya saya menyapa mereka semua yang datang. Namun, saya pastikan selebrasi dan gol itu buat semua pendukung yang hadir di SUGBK karena ini Timnas Indonesia bukan Persija," ujar Riko Simanjuntak.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 dari 3 halaman

Optimistis lawan Thailand

Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, bersama Kurnia Sandy usai latihan di Hotel Sultan, Jakarta (14/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pada laga tadi malam, Riko mengirim umpan silang, pada menit ke-82, yang disambut tandukan Beto Goncalves. Gol tersebut membuat Tim Garuda unggul 3-1 atas Timor Leste.

Kemenangan itu menjadi modal bagi Timnas Indonesia yang harus bertandang ke Bangkok guna menghadapi Timnas Thailand pada laga ketiga Piala AFF 2018, Sabtu (17/11/2018). Riko Simanjuntak optimistis menghadapi pertandingan kontra Thailand.

 

3 dari 3 halaman

Laga Penting

Bagi Indonesia, laga lawan Thailand merupakan laga penting. Setidaknya, hasil imbang harus bisa dimaksimalkan untuk menjaga peluang lolos ke semifinal.

Jika kalah, akan sulit bagi Indonesia. Pasalnya, di laga pertama tim asuhan Bima Sakti ini kalah 0-1 dari Singapura.

Lanjutkan Membaca ↓