Sukses

Piala AFF 2018: Sengit di Grup B, Timnas Indonesia Pecah Telur

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada lanjutan Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di Grup B Piala AFF 2018 semakin sengit. Tiga tim kini sama-sama sudah mengantongi satu kemenangan, yakni Timnas Thailand, Indonesia, dan Filipina. Sementara Timor Leste menjadi satu-satunya tim yang sama sekali belum memetik poin dari 2 laga. 

Setelah kalah 0-1 dari Singapura pada laga pembuka, Timnas Indonesia sempat tampil kurang meyakinkan saat menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Di hadapan publik sendiri, pasukan Bima Sakti bahkan sempat kebobolan lebih dulu lewat gol Rufino Gama pada menit ke-48. 

Timnas Indonesia baru membalasnya pada menit ke-60 lewat Alfath Fathier memanfaatkan umpan Andik Vermansyah. Sembilan menit berselang, giliran Stefano Lilipaly yang menjebol gawang Timor Leste dari titik putih sekaligus membawa tuan rumah berbalik unggul 2-1. 

Pada menit ke-82, Alberto Beto Goncalves kembali menjebol gawang lawan dan berhasil memperlebar jarak menjadi 3-1. Skor ini pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

"Telat panas? Ini menjadi pekerjaan rumah untuk saya. Sebab, pemain merasa beban, saya tahu itu setelah mengobrol dengan Beto usai pertandingan," kata Bima saat konfrensi pers.

"Saya merasa dapat kesan para pemain sedikit terburu-buru. Setelah tertinggal, saya senang anak-anak bisa bangkit. Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan, pemain maksimal dan bisa bangkit saat tertinggal," ujar mantan timnas Primavera itu. 

Andik Vermansyah keluar sebagai man of the match dalam duel melawan Timor Leste. Namun pujian justru diberikannya kepada pemain timnas lainnya, Riko Simanjuntak. Piala AFF 2018 merupakan turnamen resmi pertama yang diikuti Riko bersama timnas Indonesia.  

Kemenangan perdana tidak hanya diraih Timnas Indonesia. Di Bacolod, Timnas Filipina juga berhasil melakukannya di Piala AFF 2018. Pada penampilan perdananya, The Azkals mengalahkan timnas Singapura di Panaad Stadium dengan skor tipis 1-0. Ini sekaligus jadi kemenangan perdana bagi Sven-Goran Eriksson bersama Timnas Filipina. 

Satu-satunya gol yang tercipta dicetak oleh Patrick Reichelt pada menit ke-78. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Thailand Masih Memimpin

Sejauh ini, Timnas Thailand masih berada di puncak klasemen Grup B dengan 3 poin. Tim Gajah Putih unggul agregat atas Indonesia dan Filipina usai menang 7-0 di laga pertama. 

Selanjutnya, Timnas Thailand bakal menjamu Timnas Indonesia di Rajamanggala Stadium, Sabtu (17/11/2018). Di hari yang sama, Timnas Filipina sama juga akan bertemu dengan Timor Leste di KLFA Stadium, Malaysia--markas sementara Timor Leste di Piala AFF 2018.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.