Sukses

Piala AFF 2018: 4 Fakta Menarik Duel Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste pada laga kedua di Piala AFF 2018, Selasa (13/11/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada laga kedua di Piala AFF 2018. Laga ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Bagi Timnas Indonesia, pertandingan ini wajib dimenangkan jika ingin memelihara peluang lolos. Pasalnya, Hansamu Yama dan kawan-kawan kalah tipis 0-1 pada laga perdana melawan Singapura, Jumat (9/11/2018).

Kekalahan itu membuat timnas Indonesia berada di peringkat ketiga Grup B dengan nilai 0. Peringkat satu dan dua ditempati Thailand dan Singapura dengan tiga poin.

Di atas kertas, Timnas Indonesia tentu lebih diunggulkan ketimbang Timor Leste untuk pertandingan besok. Apalagi, timnas Indonesa juga akan bermain di depan suporter sendiri.

Namun melihat permainan melawan Singapura, tim asuhan Bima Sakti wajib waspada. Di pertandingan pertama, timnas Indonesia boleh dibilang bermain di bawah standar.

Bima pun sudah mewanti-wanti pasukannya untuk kerja keras melawan Timor Leste. "Selanjutnya kami harus bekerja lebih keras dan menang melawan Timor Leste," kata Bima seperti dilansir situs resmi PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalah 0-7

Di sisi Timor Leste, tim asuhan Norio Tsukitake baru saja digilas Thailand 7-0 pada pertandingan pertama. Alhasil, Timor Leste pun berada di posisi juru kunci klasemen Grup B.

Timor Leste sendiri baru sekali bertemu dengan timnas Indonesia. Itu terjadi pada 2012 silam dan berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi timnas Indonesia.

Selain fakta tersebut, berikut fakta menarik lainnya seputar laga Indonesia Vs Timor Leste besok.

3 dari 3 halaman

4 Fakta Menarik

1. Meski terjadi di Piala AFF, laga besok kental beraroma SEA Games 2017. Pasalnya, beberapa pemain dari kedua tim adalah alumni SEA Games seperti Hansamu Yama, Gavin Kwan Adsit, Evan Dimas, Muhammad Hargianto,  Septian David dan Febri Haryadi di kubu Indonesia. Sementara di Timor Leste ada Jorge Sabas Victor, Fagio Augusto, Henrique Cruz, Rufino Gama, dan Junior da Costa.

2. Baik Timor Leste dan Indonesia sama-sama memetik dua kekalahan dalam lima laga terakhirnya. Indonesia kalah 0-1 dari Singapura dan 1-4 dari Islandia, sedangkan Timor Leste kalah 0-7 dari Thailand dan 0-1 dari Brunei Darussalam.

3. Timor Leste membawa skuat muda ke Piala AFF 2018. Salah satunya adalah Gumario yang berusia 17 tahun, termuda di dalam tim. Gumario bahkan belum lahir saat timnas Indonesia dikalahkan Thailand 1-4 pada final Piala AFF 2000. Gumario lahir pada 18 Oktober 2001, sementara laga final itu dimainkan pada 18 November 2000.

4.Pelatih Timor Leste, Norio Tsukitake pernah duel dengan timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri pada semifinal Piala AFF U-19 2013. Dalam pertandingan yang berlangsung di Gresik, Timor Leste kalah 0-2. Timnas Indonesia U-19 yang diperkuat Evan Dimas, Hargianto, dan Hansamu Yama akhirnya keluar sebagai jaura setelah menang penalti 7-6 atas Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.