3 Fakta Menarik Top Scorer Piala AFF 2018, Adisak Kraisorn: Fans Berat Ultraman

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 12 Nov 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 12 Nov 2018, 19:00 WIB
Timnas Thailand, Piala AFF 2018

Liputan6.com, Jakarta - Adisak Kraisorn, striker Thailand, tampil mengejutkan di Piala AFF 2018. Pada pertandingan pertama melawan Timor Leste di Rajamangala National Stadium, 9 November lalu, dia mencetak enam gol.

Tentunya, dobel hattrick yang diciptakannya di Piala AFF 2018 menjawab keraguan fans Thailand atas absennya striker utama mereka, Teerasil Dangda. Thailand juga tak diperkuat dua striker andalannya, Theerathon Bunmanthan dan Chanathip Songkrasin, yang fokus di Liga Jepang.

Yang lebih spesial, performa impresif Adisak ini timbul setelah dia absen dua tahun karena cedera parah.

"Saya memiliki cedera serius sebelum ini dan baru saja kembali beraksi di lapangan. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pelatih yang sudah menaruh kepercayaan pada saya dan malam ini saya senang membantu Thailand memulai langkah dengan kemenangan," kata Adisak dikutip dari Goal.

Dia juga menjadi pemain pertama yang mampu mencetak enam gol atau lebih dalam satu pertandingan setelah Noh Alam Syah 12 tahun lalu. Ketika itu, striker Singapura itu mampu mencetak tujuh gol ke gawang Laos di Piala AFF 2006/07.

Adisak sendiri bisa menjadi ancaman serius untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Pasalnya, Skuat Garuda akan menghadapi Thailand di Rajamangala Stadium, 17 November mendatang. Lihat fakta menarik lainnya mengenai Adisak di halaman berikut.

2 dari 4 halaman

Fans Berat Ultraman

Adisak Kraisorn
Adisak Kraisorn (AFP)

Meski sudah berusia 27 tahun, Adisak masih menjadi penggemar berat pahlawan fiksi dari Jepang, Ultaman. Tak tanggung-tanggung, dia sering merayakan golnya dengan berselebrasi dengan gaya Ultraman.

Ya, Adisak membuat tangannya seperti angka plus, seperti gaya Ultraman ketika mengeluarkan jurusnya. Karena hal ini, Adisak pun mendapat julukan Ultraman di antara pasukan perang Gajah Putih.

 

3 dari 4 halaman

Akhiri Paceklik Gol

Adisak Kraisorn
Adisak Kraisorn (Ye Aung Thu / AFP)

Nama Adisak sempat diragukan karena terakhir kali dia mencetak gol untuk Thailand pada 24 Maret 2016. Ketika itu, dia mencetak satu gol saat Thailand bermain imbang 2-2 melawan Irak di kualifikasi Piala Dunia 2018.

Dengan mencetak enam gol di Piala AFF, Adisak pun mengakhiri paceklik golnya yang sangat panjang. Tak hanya itu, dia juga mencatatkan rekor baru di Piala AFF. Adisak mampu mencetak enam gol dari enam sepakan yang dilepaskannya.

 

4 dari 4 halaman

Hampir Absen di Piala AFF 2018

Sebelum namanya ramai dibicarakan, Adisak hampir saja absen di Piala AFF 2018. Dia sempat mengalami cedera ligamen anterior pada Februari lalu. Biasanya, cedera ini membutuhkan waktu pemulihan selama setahun.

Namun, Adisak berjuang keras untuk sempuh. Dia hanya menghabiskan waktu kurang dari enam bulan untuk mendapatkan kebugarannya dan tampil di Piala AFF 2018.

"Jujur saja, saya tak menyangka bisa masuk dalam 23 nama pemain Thailand. Saya mengalami cedera serius, tapi pelatih mempercayai saya," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Georgina Rodriguez Jadi Tukang Cukur Dadakan Demi Ronaldo