Sukses

Timnas Indonesia Jaga Asupan Makanan di Piala AFF 2018

Untuk meningkatkan performa di dalam lapangan, Timnas Indonesia pun mendapatkan pengawasan ketat terkait hal asupan makanan.

Jakarta - Timnas Indonesia siap tempur di ajang Piala AFF 2018 saat menghadapi Singapura di Stadion Nasional, Kallang, Jumat (9/11/2018) malam. Untuk meningkatkan performa tim selama Piala AFF berlangsung, asupan makanan untuk pemain Timnas Indonesia pun diperketat.

Pemain mendapatkan asupan makanan yang harus sesuai dengan kriteria 4 sehat 5 sempurna selama berlaga di Piala AFF 2018. Menu tersebut pun wajib disediakan hotel tempat Timnas Indonesia menginap dengan supervisi dari dokter tim, Syarief Alwi.

"Kami selalu berkoordinasi dengan koki hotel agar para pemain terus mendapatkan menu makanan sesuai standar atlet. Menu makanan setiap harinya harus ada sayur, buah, karbohidrat, protesin, yogurt, dan ditambah vitamin," ujar dokter Timnas Indonesia, Syarief Alwi.

"Makanan tak boleh mengandung santan, jangan terlalu asin, jangan terlalu manis, dan tidak menggunakan MSG," lanjutnya.

Tak hanya memperketat makanan yang disediakan oleh pihak hotel tempat Timnas Indonesia menginap, manajemen tim pun memperketat pengawasan terhadap pemain terkait asupan mereka selama Piala AFF 2018.

"Pemain dilarang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas. Kerupuk pun tak boleh ada dalam menu kami. Pemain juga tidak boleh jajan. Syukurlah mereka mematuhi aturan ini, dan jika mereka lapar di luar jam makan, ada menu snack yang disediakan oleh hotel," ujar dokter yang akrab disapa Papi itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Asupan

Gelandang serang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, mengakui pentingnya menjaga asupan makanan selain istirahat yang cukup bagi para pemain selama memperkuat tim di Piala AFF 2018.

"Kami pemain profesional dan sedang membela Timnas Indonesia.  Menu makanan kami juga tidak ada masalah, karena itu bagus. Selain itu kami juga harus pandai mengatur waktu terutama jam istirahat agar tampil maksimal di seiap pertandingan," kata Stefano.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.