Sukses

Siap Tampil di Piala AFF 2018, Thailand Minta Dukungan Suporter

Kapten Thailand menilai dukungan suporter jadi faktor penting di Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Bangkok - Thailand bakal melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2018 dengan menghadapi Timor Leste di Rajamangala Stadium, Jumat (9/11/2018). Mengingat ini akan jadi laga yang cukup menentukan laju ke depannya, Thailand pun ingin meraih poin penuh.

Bagi Thailand, Piala AFF 2018 akan memberikan tekanan yang berbeda dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Meski masih didauat sebagai salah satu kandidat juara, tak bisa dipungkiri bahwa kekuatan Thailand saat ini tak begitu mengesankan.

Ya, ada masalah yang dihadapi tim pengoleksi gelar terbanyak Piala AFF tersebut. Itu karena mereka tak bisa diperkuat empat pemain inti seperti Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo/Jepang), striker Teerasil Dangda (Sanfrecce Hiroshima, Jepang), bek sayap Theerathon Bunmathan (Vissel Kobe/Jepang), dan Kawin Thamsatchanan (OH Leuven, Belgia/kiper).

Mengingat Piala AFF 2018 tidak masuk dalam kalender FIFA, klub-klub itu pun tak mengizinkan untuk melepas pemainnya. Tentu, ini jadi sebuah kerugian mengingat Songkrasin, Dangda, Bunmathan, dan Thamsatchanan adalah tulang punggung Thailand saat menjuarai Piala AFF 2014 dan 2016. Bahkan, Chanathip dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) dan Dangda jadi top scorer Piala AFF 2016.

Alhasil, dengan penuh keterbatasan, pelatih Milovan Rajevac pun terpaksa memilih pemain-pemain yang masih minim pengalaman di Piala AFF. Namun, Thailand tetaplah Thailand. Untuk memuluskan langkah, kapten Thailand, Chalermpong Kerdkaew meminta dukungan suporter saat menghadapi Timor Leste.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lawan Filipina Terberat

"Rencana kami adalah mengambil pertandingan dari satu waktu ke waktu. Tapi, kami tetap berharap memenangkan tiga laga fase grup untuk mendominasi. Akan ada tekanan sedikit bermain di kandang. Kami harus memenangkan laga untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kami berharap kerumunan tercipta pada hari Jumat, itu sangat penting," ujar Kerdkaew, dikutip The Nation.

Di Grup B, Thailand sejatinya sedikit diuntungkan dengan Timor Leste. Mengingat tak ada stadion yang bertaraf internasional, Timor Leste pun harus menjalani laga kandang di markas Thailand.

Artinya, Thailand hanya akan sekali menjalani laga tandang yang sesungguhnya. Itu saat The War Elephants menantang Filipina di Panaad Stadium, Bacolod, Rabu (21/11/2018).

"Laga tandang dengan Filipina jadi yang terberat dalam penilaian saya karena mereka memiliki beberapa pemain impor. Kami harus mempelajari permainan mereka dan menuju ke pertandingan dengan persiapan yang baik," Kerdkaew menegaskan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Thailand

09 November 2018: Timor Leste vs Thailand

17 November 2018: Thailand vs Indonesia

21 November 2018: Filipina vs Thailand

25 November 2018: Thailand vs Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.