Bahas Kualitas Timnas Indonesia, PSSI Singapura Soroti Lilipaly

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 08 Nov 2018, 10:15 WIB
Diperbarui 08 Nov 2018, 10:15 WIB
Aktifitas Timnas Indonesia di Hotel

Liputan6.com, Jakarta Situs Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) merilis penjelasan mengenai kekuatan Timnas Indonesia jelang laga Grup B Piala AFF 2018. Menariknya, dari 23 pemain yang dibawa Bima Sakti, FAS lebih menyoroti Stefani Lilipaly.

Saat Bima Sakti merilis daftar 23 pemain yang dibawa, nama-nama yang menghuni skuat Timnas Indonesia sangat familiar. Itu karena memang mereka yang kerap diandalkan Indonesia saat masih ditangani Luis Milla.

Ya, sebagian besar pemain adalah skuat Timnas Indonesia U-23 yang tampil di Asian Games 2018. Artinya, mayoritas yang menghuni tim saat ini adalah pemain muda. Selebihnya, Bima Sakti memanggil para pemain senior yang memang sudah beberapa kali mendapat panggilan.

Namun, di antara nama-nama hebat, FAS justru lebih menyoroti Lilipaly sebagai pemain Timnas Indonesia yang harus diwaspadai. Hal itu tertuang dalam artikel yang dirilis FAS jelang duel Singapura melawan Indonesia di National Stadium, Jumat (9/11/2018).

"Salah satu yang harus diwaspadai adalah gelandang serang Stefano Lilipaly. Pemain kelahiran Belanda berusia 28 tahun ini memulai kariernya di Eredivisie Belanda bersama FC Utrecht. Ia adalah salah satu dari tiga pemain senior di skuat Asian Games 2018," tulis penilaian FAS soal Lilipaly.

 

2 dari 3 halaman

Hansamu Masuk Radar

Piala AFF 2018 : Latihan Timnas Indonesia
Pemain Timnas Indonesia, Hansamu Yama bersama Bayu Pradana saat mengikuti sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Sabtu (3/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ya, Lilipaly jadi pemain Indonesia yang paling bersinar di Asian games 2018. Total ia menyumbang tiga gol dan empat assist. Di level klub, gelandang berusia 28 tahun itu juga sudah membukukan 11 gol sepanjang ajang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak.

Di Piala AFF 2016, Lilipaly juga tampil sangat baik. Ia jadi pahlawan kemenangan 2-1 Indonesia atas Singapura pada laga pamungkas Grup A, momen yang membawa Indonesia lolos dari fase grup. Lalu, ia juga menyumbang satu gol pada leg kedua semifinal melawan Vietnam.

Namun, tak hanya Lilipaly, bek Hansamu Yama Pranata juga mendapat sorotan dari FAS. "Hansamu Yamaha adalah pemain kunci lain yang harus diwaspadai. Bek tengah Barito Putera itu baru masuk ke skuat di Piala AFF 2016 pada semifinal. Ia mencetak gol pada leg pertama semifinal melawan Vietnam dan leg pertama final melawan Thailand."

 

3 dari 3 halaman

Skuat Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa, Persija

2. Muhammad Ridho, Borneo FC

3. Awan Setho, Bhayangkara FC

 

Belakang

4. I Putu Gede, Bhayangkara FC

5. Gavin Kwan, Barito Putera

6. Hansamu Yama, Barito Putera

7. Fachruddin Aryanto, Madura United

8. Bagas Adi, Arema FC

9. Ricky Fajrin, Bali United

10. Alfath Fathier, Madura United

11. Rizki Pora, Barito Putera

 

Gelandang

12. Zulfiandi, Sriwijaya FC

13. Muhammad Hargianto, Bhayangkara FC

14. Bayu Pradana, Mitra Kukar

15. Stefano Lilipaly, Bali United

16. Evan Dimas, Selangor FA

17. Septian David, Mitra Kukar

18. Irfan Jaya, Persebaya

19. Andik Vermansah, Kedah FA

20. Febri Hariyadi, Persib

21. Riko Simanjuntak, Persija

 

Striker

22. Dedik Setiawan, Arema FC

23. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC

Lanjutkan Membaca ↓