Sukses

Infografis: Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Timnas Indonesia akan memulai langkahnya di Piala AFF 2018 pada Jumat (9/11/2018) lusa.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan memulai langkahnya di Piala AFF 2018 pada Jumat (9/11/2018) lusa. Tim asuhan Bima Sakti ini bakal meladeni tuan rumah Singapura di National Stadium.

Selain dengan Singapura, timnas Indonesia akan bersaing dengan Filipina, Timor Leste, dan juara bertahan Thailand di Grup B. Timnas Indonesia akan mendapat jatah dua laga kandang dan dua laga tandang pada fase grup.

Sepanjang sejarahnya, timnas Indonesia telah 11 kali ikut Piala AFF. Sayangnya, timnas Indonesia belum pernah sekalipun mencicipi gelar juara.

Timnas Indonesia lima kali tampil sebagai runner up di Piala AFF. Yang terakhir, timnas Indonesia kalah dari Thailand di final pada Piala AFF 2016.

Kendati belum pernah juara, timnas Indonesia tetap boleh sedikit menghibur diri. Pasalnya, tim Garuda adalah tim tersubur dalam sejarah Piala AFF dengan 140 gol dan kebobolan 83 gol.

Dari lima kali masuk final, Thailand tiga kali mengalahkan timnas Indonesia. Sementara sisanya, timnas Indonesia kalah sekali oleh Malaysia dan Singapura.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Tahun 2000

Timnas Indonesia pertama kali masuk final Piala AFF pada edisi 2000. Timnas Indonesia langsung menantang Thailand yang telah mengoleksi satu gelar juara.

Di final, Uston Nawawi dan kawan-kawan kalah telak 1-4 dari Thailand. Worrawoot Srimaka jadi bintang Thailand lewat hattricknya.

Berikut Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.