Profil 4 Musuh Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Nov 2018, 12:45 WIB
Diperbarui 06 Nov 2018, 12:45 WIB
Piala AFF 2018, Drawing Piala AFF 2018
Perbesar
Peluncuran Logo baru Piala AFF Suzuki Cup 2018 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5/2018). Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Singapura dan Filipina. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bersiap memutus rantai sepsialis finalis pada perhelatan Piala AFF 2018. Lima kali kandas di final, Tim Merah Putih ingin mempersembagkan gelar juara tahun ini. 

Perjalanan Timnas Indonesia  kali ini tidak mudah. Sebab lawan-lawan berat sudah menanti pasukan Bima Sakti sejak awal. Di babak penyisihan grup, Timnas Indonesia bakal bergabung dengan Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. 

Berbeda dengan biasanya, pertandingan tidak lagi menggunakan sistem home tournement. Selama babak penyisihan masing-masing tim bakal bermain di kandang sebanyak dua kali. Dua tim terbaik dari masing-masing grup (A dan B) melangkah ke babak semifinal. 

Thailand merupakan juara bertahan dan tim tersukses di Piala AFF dengan 5 gelar juara. Singapura telah mengoleksi 4 trofi dan Filipina datang dengan pelatih kelas dunia, Sven-Goran Eriksson. Sementara Timor Leste bakal menebar ancaman lewat pemain mudanya. 

Seperti apa kekuatan masing-masing negara, simak profilnya di halaman berikut: 

2 dari 6 halaman

Darah Muda Timor Leste

Henrique (Timnas Timor Leste)
Perbesar
Penyerang Timnas Timor Leste, Henrique (nomor 10). (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)

Dibanding peserta lain, Timor Leste menjadi yang termuda. Ini merupakan kali kedua negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia itu tampil di pentas Piala AFF.

Tim Lorosae pertama kali tampil pada Piala AFF 2004 lalu. Kala itu, Timor Leste masih jadi penggembira. Tergabung di Grup B bersama, Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Timor Leste sama sekali tidak mendapatkan poin alias kalah dalam empat pertandingan.

Sejak saat itu, Timor Leste selalu gagal masuk ke putaran final. Timor Leste selalu kandas di babak kualifikasi yang wajib diikuti tim dengan ranking terendah di antara negara Asia Tenggara. 

Apakah kekuatan Timor Leste telah berubah? Selengkapnya baca, Darah Muda Timor Leste 

3 dari 6 halaman

Timnas Filipina Rasa Eropa

Timnas Filipina
Perbesar
Timnas Filipina mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Asia untuk kali pertama. (Bola.com/Dok. AFC)

Filipina tidak memiliki akar sepak bola yang kuat. Di negara berpenduduk 100 juta jiwa itu, olahraga bisbol dan basket jauh lebih populer. Meski demikian, Timnas Filipina tidak ragu memasang target juara pada Piala AFF 2018 yang akan bergulir mulai 8 November 2018.

Kebangkitan sepak bola Filipina ditandai dengan keberhasilan The Azkals lolos ke semifinal Piala AFF 2010 lalu. Ini merupakan kali pertama timnas Filipina melewati fase grup sejak pertama kali tampil pada turnamen sepak bola antar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Bagaimana kekuatan Timnas Filipina saat ini? Selengkapnya baca, Timnas Filipina Rasa Eropa.

4 dari 6 halaman

Wajah Baru Timnas Singapura

Timnas Singapura, Piala AFF 2018
Perbesar
Striker muda Timnas Singapura, Ikhsan Fandi (kiri) di Piala AFF 2018. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Empat trofi Piala AFF juara berhasil diraih timnas Singapura, yakni pada edisi 1998, 2004, 2007, dan 2012. Thailand baru berhasil melampauinya usai merebut Piala AFF 2016 lalu.

Apakah Singapura berhasil mengulangi prestasi ini? Selengkapnya baca: Wajah Baru Timnas Singapura.

5 dari 6 halaman

Thailand Main dengan Hati

Timnas Thailand, Piala AFF 2018
Perbesar
Bek Tanaboon Kesarat memastikan Timnas Thailand tetap optimistis di Piala AFF 2018. (AFP)

Sejumlah pemain-pemain Thailand tidak mendapat restu klub untuk memperkuat Timnas di Piala AFF 2018. Gajah Putih yang telah lima kali menjuarai Piala AFF 2018 terpaksa tampil dengan para pemain yang minim pengalaman.

Seperti apa kekuatan Thailand, selengkapnya baca, Thailand Main dengan Hati

6 dari 6 halaman

Merawat Warisan Luis Milla

Latihan Timnas Indonesia
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, tertawa saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Melihat kekuatan tim lawan di Grup B, sanggupkah Timnas Indonesia mewujudkan mimpinya pada Piala AFF 2018? Seperti apa kekuatan pasukan Bima Sakti pada turnamen ini. 

Selengkapnya baca: Merawat Warisan Luis Milla.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓