Sukses

Piala Super Italia: Juventus Vs AC Milan Tetap Digelar di Arab Saudi

Piala Super Italia dipastikan tetap dihelat di Jeddah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Laga Piala Super Italia antara Juventus dengan AC Milan dipastikan tetap digelar di Arab Saudi. Sebelumnya sempat muncul protes agar laga tersebut tak digelar di Arab Saudi.

Piala Super Italia memang sering digelar di luar Italia. Pada bulan Juni lalu, pihak penyelenggara menjalin kerja sama dengan Arab Saudi lengkap dengan kontrak pengadaan pertandingan selama tiga sampai lima tahun ke depan. 

Pagelaran tersebut rencananya akan dihelat pada sekitaran bulan Januari 2019 mendatang. Untuk tempatnya sendiri, Piala Super Italia akan berlangsung di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah.

Namun rencana tersebut sempat mendapatkan pertentangan dari dunia lantaran kasus yang sedang terjadi di Arab Saudi. Seperti yang diketahui, pemerintah negara itu sedang terlibat dalam kasus pembunuhan seorang jurnalis veteran bernama Jamal Khashoggi.

Publik khawatir laga antara Juventus melawan AC Milan ini akan digunakan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai ajang 'cuci tangan' dari kasus itu. Bahkan pertandingan tenis antara Rafael Nadal dan Djokovic yang rencananya akan digelar di Arab Saudi pun didesak untuk dibatalkan.

"Bahkan sebelum pembunuhan mengenaskan Jamal Khashoggi, Arab Saudi punya rekor mengerikan dengan hak asasi manusia," ujar pihak amnesti Inggris, Allan Hogarth, beberapa waktu lalu dilansir dari Football Italia.

"Klub besar seperti Juventus dan Milan harus paham dengan partisipasinya dalam acara olahraga seperti ini akan digunakan dalam bentun 'sportwashing'," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Ubah Lagi

Walau demikian, pihak penyelenggara Piala Super Italia nampaknya sudah tidak bisa lagi mengubah rencananya itu. Mereka akan tetap menggelar pertemuan antara Juventus dan AC Milan di Arab Saudi pada bulan Januari mendatang.

Menurut perkiraan, laga tersebut akan digelar pada tanggal 16 Januari waktu setempat di stadion yang sama. Jeddah akan menjadi kota non-Italia keenam yang menjadi penyelenggara ajang ini, menyusul Tripoli, New York, Beijing, Doha dan Shanghai.

Ajang ini sendiri tidak hanya digelar untuk Juventus dan AC Milan semata. Supercoppa Italiana merupakan agenda tahunan yang selalu mempertemukan peraih Scudetto dan juara Coppa Italia pada musim sebelumnya.

Sumber Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.