Sukses

Piala AFF 2018: Ditolak, Permintaan Sriwijaya Pinjam Pemain Timnas Indonesia

Dua pemain Sriwijaya FC, Alberto Goncalves dan Zulfiandi, harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Palembang - PSSI menolak permintaan Sriwijaya FC untuk meminjam dua pemainnya yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018. Kedua pemain itu adalah Alberto Goncalves dan Zulfiandi.

Dalam surat yang diterima oleh Sriwijaya FC, Rabu (31/10/2018), PSSI menegaskan pemain dilarang meninggalkan pemusatan latihan karena Timnas Indonesia akan menjalani laga kandang dan tandang Piala AFF pada 9-25 November 2018.

"Artinya, Sriwijaya FC tak akan diperkuat dua pemain ini dalam empat pertandingan. Jelas ini sangat menyulitkan kami karena sedang berjuang menghindari zona degradasi," kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid di Palembang seperti dikutip Antara, Kamis (1/11/2018).

Dalam periode 9-25 November, Sriwijaya FC akan melakoni empat pertandingan yakni Persela Lamongan, Barito Putera, PS TNI, dan Persija Jakarta. Praktis, Laskar Wong Kito baru akan diperkuat Beto dan Zulfiandi pada dua laga sisa, yakni melawan Mitra Kukar dan Arema FC.

Untuk dua laga ini juga belum bisa dipastikan mengingat jika Timnas Indonesia terus lolos ke babak berikutnya Piala AFF, maka otomatis Beto dan Zul akan dipanggil lagi di Desember 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putar Otak

Sriwijaya FC saat ini memiliki 33 poin dan berada di peringkat 15 klasemen sementara Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Laskar Wong Kito hanya unggul tipis dari tiga tim penghuni zona degradasi, yaitu PS TNI, Perseru Serui, dan PSMS Medan.

PS TNI memiliki 32 poin, Perseru Serui 29 poin, dan PSMS 27 poin. Tapi, PS TNI dan PSMS baru memainkan 27 pertandingan. Sedangkan Sriwijaya FC dan Perseru sudah bertanding 28 kali.

Kondisi ini diakui pelatih Sriwijaya FC Alfredo Vera sangat menyulitkan dirinya. Ditambah dengan kehilangan dua pemain yang harus memperkuat Timnas Indonesia.

"Saya datang keadaan tim sudah begini. Ada pemain dipanggil timnas dan pemain tersisa yang menjadi pengganti semuanya pemain junior atau kurang jam terbang. Kita lihat saja, apa yang bisa saya perbuat di tim ini," kata Alfredo.

3 dari 3 halaman

Optimistis

Mantan pelatih Persebaya ini mulai menukangi Sriwijaya FC pada dua laga terakhir. Saat melawan PSIS di laga away, Sriwijaya FC menyerah 0-1. Sementara saat mengjamu Perseru Serui di laga kandang, Sriwijaya FC menang 4-0.

Meski demikian, Alfredo optimistis timnya memiliki peluang untuk tidak terdegradasi. Selain itu, kembalinya gelandang Timnas U-19 Syarian Abimanyu dipandang sebagai amunisi tambahan.

"Pemain banyak yang berkualitas, tinggal lagi harus kerja keras dan memiliki tekad yang kuat untuk menang di setiap pertandingan," pungkas Alfredo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.