3 Bomber Timnas Indonesia Masuk Daftar Trisula Impian Piala AFF

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 31 Okt 2018, 18:30 WIB
Piala AFF 2018, Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sudah lima kali tampil di final Piala AFF. Namun belum sekalipun Tim Merah Putih meraih gelar juara turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu.

Sejauh ini, Thailand menjadi tim tersukses di Piala AFF. Sejak pertama kali digelar, 1996 lalu, Negeri Gajah Putih sudah lima kali tampil sebagai kampiun. Tiga dari lima trofi diraih setelah mengalahkan Timnas Indonesia di babak final (2000, 2002, dan 2016). 

 

Meski masih berstatus spesialis runner up, kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF selalu mendapat perhatian. Kemampuan dan skill sejumlah pemain Tim Merah Putih yang pernah tampil pada turnamen dua tahunan tersebut juga  seakan tidak lekang oleh waktu. 

Belum lama ini, Fox Sports Asia, melansir tiga trisula impian Piala AFF. Tiga bomber Indonesia, yakni Bambang Pamungkas, Boaz Solossa, dan Kurniawan Dwi Yulianto masih di dalamnya. Selama bermain di Piala AFF, Bepe--sapaaan Bambang--mampu mengemas 12 gol. Sementara Boaz dan Kurniawan masing-masing menorehakan 7 dan 13 gol. 

 

2 of 2

Thailand dan Singapura

Kiatisuk Senamuang
Kiatusuk Senamuang. (Bola.com/AFF Suzuki Cup)

Selain itu, trisula Thailand tidak kalah subur. Trio bomber, Kiatisuk Senamuang, Woorawoot Srimaka, dan Teerasil Dangda, berada di urutan pertama trisula impian Fox Sports Asia. Kombinasi ketiga pemain beda generasi ini telah menorehkan 42 gol. 

Di edisi awal Piala AFF, Kiatisuk dan Woorawoot nyaris tak terhentikan. Masing-masing menyumbang 12 gol dan 15 gol. Tongkat estafet selanjutnya beralih ke Teerasil Dangda. Striker yang pernah bermain di Eropa itu merupakan top scorer 2008, 2012, dan 2016.

Setelah Thailand, trisula impian lainnya berasal dari Singapura. Trio Shahril Ishak, Noh Alam Shah, dan Khairul Amri telah menghasilkan 33 gol di Piala AFF. Bahkan, 17 gol torehan Alam Shah menempatkannya dalam daftar top scorer Piala AFF sepanjang masa.

 

Lanjutkan Membaca ↓