Sukses

Piala AFF 2018: Timnas Filipina Yakin Juara

Timnas Filipina percaya diri menuju Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Manila - Meski sebatas level Asia Tenggara, semua tim tetap memiliki gengsi jika bicara Piala AFF 2018. Ke-10 tim berlomba-lomba untuk mengakhiri petualangan sebagai juara, tak terkecuali dengan Timnas Filipina.

Timnas Filipina akan jadi salah satu tim yang patut diwaspadai para peserta Piala AFF 2018. Itu karena mereka datang dengan membawa ambisi besar setelah tampil memalukan di Piala AFF 2016.

Sebelumnya, Timnas Filipina bukan salah satu tim yang disegani di Piala AFF. Tapi, semuanya berubah setelah mereka menembus semifinal Piala AFF 2010. Bahkan, pada dua edisi selanjutnya, mereka juga sukses melaju hingga ke semifinal.

Tapi, secara mengejutkan mereka justru tersingkir di Piala AFF 2016. Sialnya lagi, nasib buruk itu menimpa mereka saat berstatus sebagai tuan rumah bersama Myanmar. Bersaing dengan Thailand, Indonesia, dan Singapura, Filipina hanya bisa finis ketiga.

Itu mengapa mereka ingin menjadikan Piala AFF 2018 sebagai ajang pelampiasan. Dan Palami, manajer tim, pun menyebut bahwa Piala AFF 2018 adalah saatnya Timnas Filipina menobatkan diri sebagai salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

"Bagi saya, ini adalah tempat segalanya bisa dimulai untuk Azkals (julukan Filipina). Itulah mengapa pentingnya memenangkan Piala AFF. Sudah waktunya kita menunjukkan diri sebagai juara Asia Tenggara. Sudah waktunya," Palami menegaskan, dikutip ABS CBN News.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaet Eriksson

Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka pun mengambil keputusan yang mengejutkan. Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) menunjuk Sven-Goran Eriksson sebagai pelatih kepala. Ia dikontrak selama enam bulan dengan opsi perpanjangan kontrak.

Kehadiran mantan pelatih Timnas Inggris di Piala Dunia 2006 itu ditujukan untuk dua ajang. Selain Piala AFF 2018, ia juga akan mendampingi Timnas Filipina di Piala Asia 2019.

"Performa yang bagus di Piala AFF memberikan kami momentum untuk pergi ke Piala Asia. Jadi, jika kami melakukannya dengan baik, orang-orang akan lebih percaya diri untuk turnamen yang lebih besar," Palami menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Filipina di Piala AFF 2018

13/11/2018: Filipina vs Singapura

17/11/2018: Timor Leste vs Filipina

21/11/2018: Filipina vs Thailand

25/11/2018: Indonesia vs Filipina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.