Karateka Bali Bakal Tampil di ASEAN University Games 2018

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 30 Okt 2018, 22:15 WIB
Diperbarui 01 Nov 2018, 16:15 WIB
Kejurnas Karate Piala Panglima TNI Ke-VI Tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Bali mengirim satu atletnya, I Made Yoga Wiraputra ke ASEAN University Games 2018 (AUG 2018). Event terbesar antarmahasiswa di Asia Tenggara ini akan dihelat pada tanggal 8 hingga 19 Desember 2018 di Myanmar.

I Made Yoga Wiraputra  saat ini tercatat sebagai mahasiswa Universitas Udayana. Yoga juga merupakan ketua unit Kegiatan Mahasiswa KKI pada perguruan tinggi negeri tersebut. 

Menurut Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Usia Dini FORKI Bali, Aditya Putra Thama, Yoga telah mengantongi sederet prestasi. Dia pernah meraih emas Kumite Perorangan Putra -60 kg Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) di Makassar bulan November 2017 lalu. 

Selain itu, Yoga Wiraputra juga pernah merebut emas pada Kejuaraan Nasional Piala Mendagri 2018 di Palu, Sulawesi Tengah. Sedangkan April lalu, Yoga juga dipanggil untuk memperkuat Indonesia pada SEAKF Champhionship 2018 yang berlangsung di Vietnam.

"Yoga kami persiapkan untuk menghadapi AUG 2018 sejak awal tahun 2018," kata Aditya dalam rilis yang diterima Liputan6.com. Persiapan kami lakukan di beberapa tempat dan jadwal latihan yang berbeda di antaranya dilakukan di Dojo KKI Suluh Dewata, Dojo Barong Karate Famili (BKF), hingga Artha Bali Gym Panjer," ujar Aditya menambahkan. 

Aditya mengaku sangat mengenal Yoga. Sebab keduanya pernah berlatih di tempat yang sama, Dojo Tegal Harum. Karena itu dia berharap agar Yoga segera dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) ASEAN University Games 2018.  

"Dengan bergabung Pelatnas lebih awal saya yakin persiapan akan semakin matang, karena atlet akan fokus hanya untuk berlatih dan berprestasi," ucap Aditya, yang juga anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi Kushin Ryu M. Karate-do Indonesia (KKI) Provinsi Bali.

"Saya harap juga pihak Kampus dalam hal ini Universitas Udayana memberikan dukungan baik moril maupun materiil, termasuk dispensasi, mengingat ajang yang akan diikuti Yoga adalah ajang pertandingan olahraga multi-event terbesar untuk mahasiswa-mahasiswa terbaik se-Asia Tenggara yang tentunya juga akan mengharumkan nama Universitas."