Sukses

Kalah dari Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos Piala Dunia U-20

Jepang menang 2-0 atas Timnas Indonesia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 tersingkir di Piala AFC U-19. Mereka kalah 0-2 dari Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada babak perempat final Piala AFC U-19, Minggu (28/10/2018).

Babak pertama, pressing tinggi diperlihatkan pemain Jepang. Takefusa Kubo dan kawan-kawan mengurung pertahanan Timnas Indonesia U-19 yang menurunkan lima bek.

Memanfaatkan serangan balik, Garuda Nusantara hampir menjebol gawang Jepang. Pada menit kesembilan, Witan Sulaeman melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun, sepakannya masih membentur pemain bertahan Jepang. Bola pun bisa diamankan.

Jepang menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-19 di menit ke-11 melalui tandukan Daiki Hashioka. Namun gol itu dianulir karena pemain bertahan Jepang tersebut sudah berada dalam posisi off side.

Lima menit setelahnya, Jepang kembali mengancam. Umpan lambung Sugawara berhasil ditanduk Hiroki Abe. Untungnya akurasi tandukan striker Jepang itu tidak menemui sasaran.

Menit ke-27, Saddil Ramdani melepaskan tembakan jarak jauh. Sayang, usahanya tidak menemui sasaran.

Semenit kemudian, Saddil mengeksekusi tendangan bebas. Eksekusi kaki kiri Saddil dari luar kotak penalti Jepang gagal disambar Syahrian Abimanyu yang dekat dengan bola.

Takefusa Kubo, yang mendapat julukan Messi dari Jepang, mengeksekusi tendangan bebas pada menit ke-35. Dia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Garuda Nusantara. Namun, upanyanya kembali tak menemui sasaran.

Dua menit berselang, Garuda Nusantara memberikan ancaman. Sepakan kaki kiri Saddil dari dalam kotak penalti menyamping di sebelah kiri gawang Jepang.

Jepang mencetak gol pada menit ke-40. Sepakan jarak jauh Shunki Higashi meluncur deras ke gawang Garuda Nusantara. Keunggulan 1-0 Jepang atas Timnas Indonesia U-19 bertahan hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua, Garuda Nusantara masih kesulitan keluar dari tekanan Jepang. Namun pada menit ke-51, Lutfi Kamal mengeksekusi tendangan dari jarak jauh. Namun bola hasil sepakannya melenceng dari sasaran.

Garuda Nusantara mencoba menekan. Namun mereka serangan mereka selalu dipatahkan pemain bertahan Jepang.

Muhammad Riyandi melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-57. Dia menepis sepakan jarak dekat gelandang Jepang, Kota Yamada.

Peluang emas Indonesia untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-65. Saddil melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti Jepang. Tinggal menghadapi kiper Jepang, Kosei Tani, Witan Sulaeman gagal mengontrol bola dengan baik. Bola pun diamankan oleh Kosei Tani.

Saddil mengeksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Jepang pada menit ke-68. Namun, bola masih bisa ditepis Kosei Tani.

Dua menit setelahnya, Jepang mencetak gol kedua. Sepakan mendatar Taisei Miyashiro berhasil menjebol gawang Timnas Indonesia U-19.

Menit ke-77, Rivaldo Ferre mencoba memberikan tekanan. Dia menyepak bola dari depan kotak penalti Jepang. Namun, Kosei Tani dapat menangkap bola dengan mudah.

Di menit ke-87, Kubo mengeksekusi tendangan bebas di kotak penalti Garuda Nusantara. Untungnya, pemain yang pernah mendapat ilmu di akademi La Masia itu tidak menemui sasaran. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk kemenangan Jepang.

Hasil ini membuat timnas gagal lolos ke Piala Dunia U-20 2019. 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (5-4-1): Muhammad Riyandi; Kadek Raditya, Asnawi Mangkualam, Indra Mustafa, Rahmat Irianto, Firza Andika; Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman; Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Jepang U-19 (4-4-2): Kosei Tani; Shunki Higashi, Yuki Kobayashi, Yukinari Sugawara, Daiki Hashioka; Mitsuki Saito, Hiroki Abe, Kanya Fujimoto, Hiroki Abe; Takefusa Kubo, Taisei Miyashiro

Pelatih: Masanaga Kageyama

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.