Sukses

Manajer Liverpool: Firmino Pemain Fleksibel

Firmino termasuk salah satu trio mematikan Liverpool, bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Liputan6.com, Liverpool - Roberto Firmino tampak kian berkembang di bawah bimbingan Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Firmino saat ini tak hanya bermain sebagai penyerang murni, dia bisa diturunkan di beberapa posisi, termasuk penyerang sayap atau bermain sebagai second striker.

Firmino termasuk salah satu trio mematikan Liverpool, bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane. Kombinasi ketiga pemain ini sungguh berbahaya, Liverpool lebih mudah menjebol gawang lawan lebih dari sekali.

Terakhir, Sabtu (28/10) malam WIB, Liverpool mengandaskan perlawanan Cardiff City dengan skor telak 4-1 di pekan ke-10 Premier League 2018/19. Gol-gol Liverpool datang dari Mohamed Salah, Sadio Mane dan Xherdan Shaqiri.

Meski tak mencetak gol, peran Firmino ternyata sangat penting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fleksibel

Pada pertandingan kontra Cardiff tersebut, Firmino dipasang Klopp bermain sedikit di belakang Mohamed Salah, yang diplot sebagai penyerang depan. Malangnya, posisi ini ternyata cukup sulit bagi Firmino. Namun Klopp menegaskan Firmino sangatlah penting.

"Saya tak perlu membuat keputusan [soal rencana jangka panjang untuk Firmino]. Bobby adalah pemain yang sangat fleksibel," buka Klopp di laman resmi liverpoolfc.

"Hari ini jelas bukan permainan terbaiknya tetapi hal seperti ini memang kerap terjadi di pertandingan seperti hari ini dia sangatlah penting, sangat penting untuk kami. Kami tak hanya punya dua sistem, kami bisa memainkan banyak sistem dan itu bagus."

Lebih lanjut, Klopp bahkan mengatakan bahwa terkadang dia tak perlu memberi instruksi khusus pada Firmino. Pemain berdarah Brasil itu sudah menyadari apa yang harus dilakukan, sesuai dengan lawan yang dihadapi.

"Dia sangat cerdas dalam bertahan dan oleh sebab itu sangat masuk akal bahwa dia tampil gemilang saat second balls adalah hal paling penting dalam suatu pertandingan. Jika selalu ada pemain yang mengejar lawan, itu sangat membantu."

"Perbedaan posisi juga mungkin - dia sudah bermain di sayap, bermain sebagai no.9 dan no.10. Saya tak perlu membuat keputusan hari ini dan itu bagus," tandas dia.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.