Sukses

Jurnalis Tanyakan Jepang soal Witan, Pelatih Timnas Indonesia U-19 Kecewa?

Witan Sulaiman berkontribusi besar di balik sukses timnas Indonesia lolos ke perempat final Piala AFC U-19 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Witan Sulaiman jadi pemain yang paling memiliki kontribusi besar di balik kesuksesan timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala AFC U-19 2018. Aksinya pun kembali dinanti saat menghadapi Jepang, Minggu (28/10/2018).

Peran vital Witan Sulaeman untuk timnas Indonesia U-19 sudah terlihat sejak awal petualangan. Saat menang 3-1 atas Chinese Taipei pada laga perdana Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10/2018), ia menyumbang dua dari tiga gol Indonesia.

Saat melawan Qatar, Minggu (21/10/2018), Witan memang tidak menyumbang gol untuk Timnas Indonesia U-19, tapi perannya tetap sangat vital. Selanjutnya, aksi impresifnya kembali terlihat dalam laga pamungkas Grup A melawan Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (25/10/2018).

Witan mencetak gol kemenangan timnas Indonesia U-19 di menit ke-23. Selanjutnya, ia juga berjuang begitu keras saat pasukan Garuda Nusantara telah bermain dengan 10 pemain dan minus Egy Maulana Vikri yang ditarik karena cedera. Saat melancarkan serangan balik, bola hampir selalu berada di kaki Witan.

Karenanya, saat konferensi pers, jurnalis Indonesia menanyakan soal pendapat pelatih Jepang Masanaga Kageyama mengenai penampilan Witan bersama timnas Indonesia U-19 sejauh ini. Soal itu, Kageyama memberikan jawaban normal.

"Menurut saya, ia adalah pemain berkualitas tinggi. Tapi, ia hanya satu dari 11 lawan kami. Kami lebih memilih untuk fokus melawan 11 pemain Indonesia," kata Kageyama di ruang konferensi pers SUGBK, Sabtu (27/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indra Sjafri

Setelah itu, tiba-tiba Indra Sjafri bertanya balik kepada jurnalis yang menanyakan soal Witan. Dia bertanya negara asal jurnalis yang bertanya, apakah dari Indonesia atau Jepang. Mengetahui jurnalis tersebut dari Indonesia, mantan pelatih Bali United itu mengungkapkan kekecewaanya.

"Saya jadi lupa pertanyaan tadi karena saya kira dia wartawan dari Jepang. Seperti dia ngasih tahu semua pemain-pemain kita ke Jepang. Saya sedikit kecewa," cetus Indra Sjafri sambil tersenyum.

Tak jelas apa maksud Indra Sjafri memberikan pernyataan soal itu. Ada kemungkinan Indra Sjafri tak ingin Jepang mengetahui siapa saja pemain-pemain kunci Indonesia untuk pertandingan nanti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.