Sukses

1.500 Pelari Bakal Ramaikan Mekaki Marathon 2018

Mekaki Marathon 2018 bakal digelar berbarengan dengan hari Sumpah Pemuda dan diikuti sejumlah artis.

Liputan6.com, Jakarta - Blibli Mekaki Marathon bakal diselenggarakan di Pantai Mekaki, Lombok Barat, Minggu (28/10/2018). Sejumlah artis akan turut meramaikan perhelatan ini bersama 1.500 peserta lainnya.

Lomba lari yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ini diantaranya bakal diramaikan oleh artis seperti Ben Joshua, Wulan Guritno, Adila Dimitri, Fajar "Alexa", dan pelatih lari nasional Agung Gantar. Selain artis, Gubernur NTB Zulkieflimansyah juga Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid dijadwalkan akan melepas peserta marathon di kategori 10K.

Artis kelahiran Manado, Ben Joshua mengaku senang mengikuti event Mekaki Marathon, sebagai bagian upayanya menyemangati warga Lombok pascagempa.

"Saya sangat senang bisa dilibatkan dalam Mekaki Marathon 2018 ini. Semangat untuk lombok agar bangkit adalah semangat kita bersama. Saya berharap dengan banyaknya event yang mengangkat pariwisata di Lombok bisa membawa dampak yang positif dan baik bagi wisatawan yang ingin berkunjung," ujarnya seperti rilis yang diterima media.

Joshua akan berlari di kategori 5K Mekaki Marathon 2018. Sementara Wulan Guritno, Adila Dimitri dan Fajar, tahun ini mencoba lintasan lari di kategori 10K.

"Pilihan 5K atau 10K ini tak terlalu berat, masalahnya mekaki (jalurnya) menanjak. Tahun ini saya tidak hanya latihan lari saja, sekarang sudah training supaya siap," kata Wulan Guritno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Peserta

Mekaki Marathon 2018 diikuti 1.500 peserta, dibagi menjadi 1.000 untuk kategori 5K, dan 500 peserta untuk 10K. Rute yang dilalui tidak mengalami perubahan dari tahun lalu, start dan finis di Pantai Mekaki, Sekotong, Lombok Barat.

Race Director Blibli Mekaki Marathon, Derdityo Santoso, mengatakan peserta dikategori 5K akan dilepas pukul 06.30 Wita, Lalu 15 menit kemudian start untuk kategori 5K. Waktu tempuh (cut of time) untuk lomba 10K adalah 2,5 jam dan 5K itu maksimum 1,5 jam.

“Mereka nanti tidak hanya berlari tapi juga bisa berfoto-foto untuk mereka share sebagai bentuk promosi. Berbagai persiapan sudah kita rampungkan, baik lintasan lari hingga panggung hiburan. Kita sudah siap menyambut para pelari," kata Didit.

Mekaki Marathon merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Lombok Barat dengan ArchiSS sebagai Event Management dan DnD sebagai race management serta menggandeng Blibli.com sebagai sponsor utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.