Sukses

Timnas Indonesia U-19 ke Perempat Final, Indra Sjafri Bela Nurhidayat

Indra Sjafri keberatan jika ada yang menyudutkan pemain Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 sempat bermain dengan 10 pemain saat bertemu Uni Emirat Arab di grup B, Piala Asia U19 2018, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (24/10/2018). Nurhidayat diusir wasit di awal babak kedua setelah menerima kartu kuning kedua.

Timnas Indonesia U-19 tengah memimpin 1-0 saat Nurhidayat dikeluarkan. Gol Garuda Nusantara lahir dari Witan Sulaiman pada menit ke-23. Akibat kartu merah Nurhidayat, Timnas Indonesia U-19 harus bersusah payah mempertahankan keunggulannya. 

Sebelumnya, saat Indonesia kalah 5-6 dari Qatar, Minggu lalu, Nur juga jadi sorotan. Dia dianggap gagal menjalankan perannya sebagai kapten  Timnas Indonesia U-19. Tiga gol Qatar yang tercipta dalam 24 menit juga dianggap sebagai tanggung jawabnya. 

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, membenarkan Nurhidayat melakukan beberapa kesalahan fatal. Namun sikap berbeda ditunjukkan Indra usai pertandingan melawan Uni Emirat Arab. Setelah menang 1-0 atas UEA dan memastikan tiket ke perempat final Piala Asia U-19, Indra justru menganggap Nurhidayat sebagai pahlawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keputusan Penuh Risiko

"Tidak ada satupun pemain saya yang .salah," kata Indra usai pertandingan.

"Kami ingin menikmati kemenangan ini bersama-sama. Kami sudah berjuang bersama. Jadi media tidak perlu ditulis Nurhidayat seperti ini atau itu. Ini anak-anak muda. Evaluasi tetap dilakukan, tapi saya keberatan media menyudutkan satu pemain saya. Hidayat untuk saya adalah pahlawan. Kartu merahnya itu karena memperjuangkan timnas," ujar Indra.

Tanpa Nurhidayat, daya gedor Timnas Indonesia U-19 saat bertemu UEA merosot. Sebab, Indra terpaksa menarik Saddil Ramdani untuk menutupi lubang di lini belakang timnya. 

"Itu keputusan-keputusan yang harus diambil pelatih. Saya mau ganti Egy (Maulana Vikri), tapi kondisinya masih bagus. Sedangkan Saddil ada tiga miss (kesalahan). Itu keputusan yang harus saya ambil dengan segala resikonya," kata pelatih asal Sumatera Barat itu. 

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A

1  Qatar                 3  2  0  1  11-7 6

2  Indonesia           3  2  0  1  9-7  6

3  Uni Emirat Arab    3  2  0  1  10 -3  6

4  Tionghoa Taipei    3  0  0  3  2-15  0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.