Sukses

AFC U19 Championship 2018: Sengit di Laga Penutup Grup A

Timnas Indonesia U-19 juga masih berpeluang lolos ke babak delapan besar AFC U19 Championship 2018.

Liputan6.com, Jakarta Babak penyisihan grup AFC U19 Championship 2018 atau Piala Asia U-19 2018 telah memasuki matchday 3. Sebanyak 16 tim yang terbagi dalam empat grup akan memainkan partai terakhirnya untuk menentukan posisi di papan klasemen masing-masing grup.

Dua tim teratas akan melaju ke face knock out, sementara sisanya dipastikan angkat koper.

Persaingan bakal diawali dari Grup A. Uni Emirat Arab sejauh ini memimpin dengan 6 poin, disusul Qatar di posisi kedua dengan 3 poin. Torehan yang sama juga diukir Timnas Indonesia U-19. Namun, Garuda Nusantara harus rela di urutan ketiga karena kalah selisih gol. Sedangkan posisi paling buncit masih ditempati Chinese Taipe dengan poin nol. 

Partai terakhir Grup A akan berlangsung pada dua tempat malam ini, Rabu (24/10/2018). Di Stadion Gelora Bung Karno, Uni Emirat Arab akan bertemu dengan Timnas Indonesia U-19. Sementara Qatar bakal berhadapan dengan Chinese Taipe di Stadion Pakansari, Cibinong.

"Perjuangan belum selesai," kata Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, seperti dilansir AFC. "Kami masih menyisakan satu pertandingan lagi dan kami akan bertarung hingga akhir melawan Uni Emirat Arab. Apa pun yang terjadi di laga lainnya (Qatar vs Chinese Taipe), kami harus memenangkan pertandingan," kata pelatih asal Sumatera Barat itu. 

Timnas Indonesia U-19 mengawali kiprahnya di grup A dengan mengalahkan Chinese Taipei 3-1. Namun di laga kedua, Garuda Nusantara kalah 5-6 dari Qatar. Hasil ini membuat langkah Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menuju babak 16 besar bertambah sulit. Sebab, selain membutuhkan tiga poin, peluang lolos ke fase knock out juga tergantung laga lain. 

(Simak skenario Indonesia untuk lolos ke babak 8 besar AFC U19 Championship 2018  pada tautan ini) 

Indra mengaku telah mengidentifikasi penyebab kekalahan 5-6 dari Qatar. Menurut dia, para pemain terlalu sering melakukan kesalahan individu, sehingga sempat tertinggal 1-6. 

"Kami harus memastikan tidak mengulangi kesalahan itu di laga berikutnya (lawan UEA). Jika kami melakukan itu, peluang ke babak selanjutnya masih terbuka," kata Indra. 

Namun, UEA enggan mengalah. Menurut pelatih UEA, Ludovic Batelli, pasukannya tidak akan kendor saat bertemu Timnas Indonesia U-19, malam nanti. Sebaliknya kemenangan 8-1 yang diraih dari Chinese Taipei telah membakar semangat para pemain-pemainnya. 

"Sekarang kami punya dua kemenangan dari dua laga sebelumnya dan itu membuat kami pada posisi yang baik. Meski demikian, kami akan mempersiapkan segalanya dengan baik dan menjalaninya dengan cara yang sama dengan laga-laga lainnya," ujar Batelli.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qatar Tanpa Pelatih Utama

Pada pertandingan lainnya, Qatar tidak akan didampingi pelatih kepala Bruno Pinheiro, saat menghadapi Chinese Taipei di Pakansari, sore ini. Bruno Pinheiro terpaksa menepi dari bench pemain akibat sanksi yang dijatuhkan pascakemenangan 6-5 atas Timnas Indonesia U-19.

Posisi Pinheiro digantikan oleh asistennya, Lino Godinho. Tanpa kehadiran pelatih kepala, Qatar tetap optimistis mampu mengalahkan Chinese Taipei dan menjaga asa ke 16 besar. 

"Kami harus tetap fokus dengan apa yang kami lihat pada laga sebelumnya dan melanjutkan apa yang kami pikir baik, seperti menjaga bola dan menciptakan peluang," katanya. 

"Ada poin positif yang bisa kami bawa saat melawan Chinese Taipei dan kami tidak akan mengubah gaya bermain kami. Kami percaya sepenuh hati dengan gaya bermain kami."

Sementara itu, para pemain Chinese Taipei dihantui kelelahan setelah menderita dua kekalahan telak beruntun dari Uni Emirat Arab dan Indonesia. Namun, pelatih Chinese Taipei, Vom Ca Nhum, tetap berusaha menyiapkan permainan yang terbaik melawan Qatar. 

"Kami sangat kelelahan saat bertemu UEA dan kami bisa saja mengalami hal yang sama saat bertemu Qatar. Tapi, kita lihat saja apa yang bisa kami lakukan untuk meraih hasil positif dan melanjutkan pembinaan kami," kata Vom Ca Nhum.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala Asia U-19 Hari Ini

Indonesia vs Uni Emirat Arab

24 Oktober 2018

19.00 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

Qatar Vs Chinese Taipe

24 Oktober 2018

Stadion Pakansari, Cibinong

Kick off: 19.00 WIB.

Saksikan juga video menarik lain di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.