Sukses

Incar Tampil di Final Piala AFF 2018, Vietnam TC di Markas Timnas Korsel

Timnas Vietnam berambisi lolos ke semifinal Piala AFF 2018 dengan jadi juara grup dan selanjutnya tampil di final.

Hanoi - Tim peserta di Grup B yang dihuni Timnas Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Timor Leste, terus mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF 2018. Hal yang sama juga dilakukan kontestan penghuni Grup A, termasuk Timnas Vietnam. 

Timnas Vietnam, satu di antara kandidat juara Piala AFF edisi tahun ini, menggelar pemusatan latihan sekaligus uji coba di Korea Selatan. The Golden Stars memulai persiapan secara intensif pada Rabu (17/10/2018).

Tim asuhan pelatih Park Hang-seo ini berlatih di NFC (National Football Center) yang berlokasi di Paju. Seperti diketahui NFC di Paju merupakan markas alias pusat latihan Timnas Korea Selatan.

Timnas Korsel dalam berbagai kelompok usia hingga timnas senior, ditempa di NFC Paju ini sebelum turun di sebuah turnamen atau pertandingan.

Park Hang-seo menyebut ia sebenarnya tak memiliki rencana memboyong tim asuhannya ke negara asalnya untuk menggelar sesi pemusatan latihan serta uji coba sebagai persiapan Piala AFF 2018.

"Saya tak punya pikiran mengenai itu, tapi asisten pelatih kami, Lee Young-jin, yang merekomendasikannya," kata Park.

"Sejak 2002, ini kali pertama saya mengunjungi NFC untuk sesi latihan. Saya pernah ke sini tapi untuk kepentingan program pendidikan, bukan latihan," imbuh pelatih asal Korsel itu.

Sebagai mantan pemain Timnas Korsel serta asisten pelatih The Taeguk Warriors, Park Hang-seo tentu sudah tak asing dengan NFC di Paju.

Park lantas menegaskan Timnas Vietnam membidik tampil di final Piala AFF 2018. Kali terakhir Vietnam tampil di final, yakni pada 2008. Mereka jadi juara pada edisi itu.

"Kami di Grup A, akan menghadapi Laos, Myanmar, Malaysia, dan Kamboja. Media-media Vietnam berpendapat Thailand jadi tim favorit juara. Kami butuh lolos ke semifinal sebagai juara grup dulu," tutur Park yang berstatus asisten pelatih Guus Hiddink di Piala Dunia 2002 itu.

Park menambahkan Timnas Vietnam akan berada di NFC hingga akhir bulan ini dan juga mengagendakan uji coba melawan klub-klub profesional Korsel.

Sumber: Yonhap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.