Sukses

Lawan UEA, Timnas Indonesia U-19 Diminta Lebih Bersabar

UEA diprediksi akan mencoba memancing emosi para pemain Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga hidup mati melawan Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/10/2018). Kemenangan sangat dibutuhkan oleh Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke 8 besar.

Menyusul kekalahan 5-6 dari Qatar pada matchday kedua Grup A, Minggu (21/10/2018), Timnas Indonesia U-19 pun dalam posisi tak aman di papan klasemen. Jika kalah atau imbang, besar kemungkinan Indonesia harus angkat koper dari Piala AFC U-19, 2018.

Sebaliknya, UEA hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke babak berikutnya. Saat ini, Uni Emirat Arab berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin. Di laga pertama, UEA mengalahkan Qatar 2-1 dan di laga kedua menang 8-1 atas Taiwan.

Melawan UEA, Indra akan membenahi kinerja lini belakang pasukannya. Sebab saat bertemu Qatar, tiga gol pertama tercipta berkat kesalahan barisan pertahanan timnas. Kesalahan para pemain belakang membuat Qatar tak perlu susah payah mencetak gol.

"Apa yang kami benahi ada beberapa. Kemarin ada beberapa individual error, kami sudah kasih masukan, harus sabar dalam menghadapi situasi satu lawan satu," kata Indra usai laga.

"Tiga gol pertama yang membuat kami down. Di ruang ganti pas babak pertama, kami tim pelatih sampaikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Kami juga melakukan pergantian yang tepat, empat gol di babak kedua," ujar pelatih asal Sumatera Barat tersebut. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri Pencerahan

 

Saat bertemu Uni Emirat Arab, Indra juga berharap pemainnya tidak mudah terpancing emosi. Sebab, sikap seperti itu justru akan merugikan timnas Indonesia U-19 sendiri.

Kesabaran para pemain Timnas Indonesia U-19 juga sempat diuji saat berhadapan dengan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, kemarin. Dalam duel ini, pemain-pemain lawan juga berulangkali melakukan provokasi kepada pemain Indonesia. 

Mereka juga tidak jarang mengulur-ulur waktu dan melancarkan protes yang berlebihan.  

"Ini kan anak-anak muda yang berusia 18 tahun, kecerdasan emosionalnya terkadang tidak bisa dikontrol. Saya sebagai pelatih, dengan anak-anak seperti itu, saya sedikit memaklumi. Tapi saya selalu memberikan pencerahan kepada anak-anak," ujar Indra. 

 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Indonesia vs Uni Emirat Arab

24 Oktober 2018

19.00 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.