Sukses

Kenangan Musim Lalu Hantui Marquez Hadapi MotoGP Jepang 2018

Marc Marquez berpeluang mengunci gelar juara dunia di MotoGP Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez atau akrab dijuluki The Baby Alien di ambang juara dunia MotoGP 2018. Pembalap Honda Repsol tersebut berepeluang merebut gelar bergengsi itu di seri MotoGP Jepang yang akan berlangsung Sirkuit Twin Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018). 

Namun tentu bukan perkara mudah bagi Marquez untuk mewujudkan ambisi tersebut. Sebab persaingan tidak pernah mudah di setiap lintasan balapan MotoGP. Apalagi, pembalap yang menguntitnya di papan klasemen, Andrea Dovizioso sangat tangguh di Twin Motegi.

Marquez bahkan belum melupakan pertempuran melawan Andrea Dovizioso di Motegi tahun lalu. Saat itu, pemilik nomor 93 harus mengakui kehebatan pesaingnya setelah kalah berduel hingga lap terakhir. Marquez menganggap seolah-olah duel itu baru terjadi belum lama ini.

"Pertempuran semacam ini tersimpan dalam ingatanku seolah-olah itu terjadi kemarin," jelas Marquez dikutip dari Speedweek, Jumat (19/10/2018).

Musim lalu, seri MotoGP berlangsung di tengah guyuran hujan. Menurut Marquez, lintasan basah dan banyak genangan. "Tapi itu adalah pertarungan yang sangat bagus. Dovi melewati saya di trek lurus dan saya terlambat untuk meresponnya. Saya bahkan mencoba melakukan serangan di tikungan terakhir, tapi itu tidak mungkin untuk motor MotoGP."

Bagi Marquez, Divizioso tampil impresif kala itu. Motor Desmosedici GP18 yang dikendarai pembalap asal Italia itu benar-benar cepat. Marquez pun berharap musim ini, cuaca tidak seburuk tahun lalu. "Tahun ini berharap kondisi lintasan setidaknya kering pada hari Minggu. Jadi itu akan berbeda dan kita akan lihat," kata Marquez.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang Terbuka

Saat ini Marquez sedang berada dalam posisi yang cukup bagus untuk mengunci gelar juara dunia MotoGP di depan pendukung tim Honda. Pasalnya, dia memiliki keunggulan 77 poin dari pesaing terdekatnya Dovizioso.

Andai Marquez memenangkan balapan di Jepang, maka pembalap berjuluk Baby Alien bakal menahbiskan namanya sebagai juara dunia MotoGP 2018. Pasalnya, 75 poin tersisa tidak akan mampu dikejar oleh Dovizioso.

 

 

3 dari 3 halaman

Rekor yang Menanti Marquez

Berikut Rekor yang Siap Dipecahkan Marc Marquez di GP Jepang:

1. Jika Marc Marquez meraih pole position, dia akan mengamankan start terdepan di setiap sirkuit pada kalender kelas premier

2. Jika Marc Marquez mampu mengakhiri perburuan gelar juara dunia di Jepang, maka dia akan menjadi pembalap termuda yang merengkuh gelar juara ketujuh di semua kelas dan titel kelima di MotoGP

3. Jika Marc Marquez menang di Jepang, maka itu merupakan kemenangan ketiganya di depan pendukung Honda (2014, 2016, dan 2018).

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.