Sukses

Race 1 ARRC Sentul: Gupita Kresna dan Rafid Topan Rebut Podium

Dua pembalap tim satelit Yamaha rebut podium pada race 1 ARRC Sentul.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pembalap Yamaha, Gupita Kresna dan Rafid Topan sukses mengamankan podium pada race 1 kejuaraan balap motor Asia (AARC) yang berlangsung di sirkuit Sentul, Sabtu (13/10/2018). Gupita Kresna, rider Yamaha SND merebut podium tiga di kelas bebek underbone (UB150).

Sedangkan Rafid Topan juga dari pembalap satelit Yamaha TJM merebut podium ketiga di kelas Asia Production 250 (AP250). Bagi Kresna, hasil podium ini seakan mengulang prestasi seperti di ARRC Jepang dimana dia meraih podium ketiga pada race 1 dan juara pada race kedua.

Pada balapan kemarin, Gupita Kresna hanya terpaut 0,052 detik saja dari pembalap asal Malaysia, Md Helmi Zaman di kelas UB150 AARC Sentul.

"Saya ucapkan terima kasih kepada tim saya dan Yamaha Racing Indonesia yang sudah mensupport saya. Pada home race ini saya dan tim mecoba memaksimalkan dan menemukan setelan motor yang terbaik agar bisa meraih podium. Strategi saat race, di awal lap saya mencoba atur strategi dan mangatur ritme untuk tidak ketinggalan di rombongan depan, baru pada lap akhir saya push dan Alhamdulillah bisa podium ke-3," kata Gupita seperti rilis yang diterima media.

Perjuangan tak ringan juga dilakukan Rafid Topan pada ARRC seri 5 di Sirkuit Sentul ini.Start dari posisi ke-12 tidak menjadi problem serius bagi Rafid Topan yang terus berjuang keras untuk memperbaiki posisinya. Bahkan hingga lap terakhir, Topan masih berjuang di deretan ke-4 dan ke-5.

Termasuk di tikungan terakhir pada lap akhir, juga berada di deretan ke-4. Namun berkat kepiawaiannya, Topan dapat melakukan slip-streaming atau teknik mencuri angin hingga berhasil podium ke-3.

"Alhamdulillah, saya sangat senang di home race ini bisa meraih podium ke-3 meskipun start dari posisi ke-12.Di race ke-2, saya akan berusaha untuk bisa mengibarkan merah putih dan bisa podium tertinggi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Lain

Sayangnya, racer tim Yamaha Race Indonesia (YRI), Wahyu Aji Trilaksana yang sebelumnya diandalkan, justru tidak dapat melakukan start. Dia terkendala dengan masalah teknis di motor.

"Untuk hasil hari ini, saya tidak bisa melanjutkan start karena ada kendala teknis pada motor. Padahal dari hasil warm-up saya bisa mencatat waktu 1 menit 49,329 detik dan saya optimis meskipun start di posisi ke-18 bisa bertarung dengan rombongan depan. Saya dan tim akan berusaha meraih hasil yang terbaik di race ke-2 nanti," kata Aji.

Sedangkan wild-card Wahyu Nugoro hanya finis di posisi ke-14 dalam penampilan pertamanya. Petarung muda potensial yang masih berusia 13 tahun ini pada awalnya berada di barisan depan, posisi ke-8. Namun kemudian kehilangan momen untuk mengikuti rombongan depan.

"Alhamdulillah, pada race pertama bisa menyelesaikan perlombaannya, finis posisi ke-14. Pengalaman yang sangat bagus untuk saya, bagaimana untuk mengatur ritme balapan. Awal lap saya bisa fight di rombongan depan, saya berusaha untuk membaca strategi lawan. Sayangnya pada lap ke-3 terakhir saya harus keluar dari rombongan," ujar Wahyu.

3 dari 3 halaman

Murid Rossi

Sedangkan duet rider Yamaha Racing Indonesia (YRI), M Faerozi dan Richard Taroreh menyelesaikan balapan AP250 yang berjalan 12 lap pada posisi ke-6 dan ke-11. Mereka start dari grid ke-11 dan ke-8.

M Faerozi, akrab dipanggil Faeroz membuktikan peningkatan kemampuan balapnya setelah pulang dari latihan di Yamaha VR46 Mastercamp 6 Italia.

"Hasil hari ini sangat menyenangkan, meskipun saya start di posisi ke-11 saya bisa langsung ke rombongan depan. Persaingan cukup ketat dengan Muklada. Sebetulnya saya bisa lebih cepat keluar tikungan, namun Muklada cukup rapat untuk menutup agar saya tidak bisa masuk," kata Faerozi.

"Saya senang catatan waktu hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin dan hasil kualifikasi berada di posisi ke-8. Saat mulai start saya mencoba ke depan, namun di pertengahan lap mundur di group ke-3 dan finis di posisi ke-10. Race ke-2 saya berusaha untuk lebih baik lagi," katanya.

Race 2 akan berlangsung hari Minggu (14 Oktober) pukul 13:10 WIB (UB150) dan 14:05 WIB (AP250).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.