Sukses

Indonesia Sudah Siap Gelar Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 akan diikuti 43 negara.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menggelar Asian Para Games  di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, mengatakan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah sudah mencapai 100 persen.

Menurutnya, kesiapan ini meliputi arena pertandingan, transportasi, akomodasi, wisma atlet, keamanan penyelenggaraan dan pertandingan, serta lainnya sudah disiapkan panitia.

"Seluruh persiapan sudah selesai 100 persen, sudah bisa untuk melaksanakan Asian Para Games 2018, meski bersamaan Indonesia sedang alami bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," kata Puan dikutip dari Antara, Jumat (5/10/2018).

Puan menambahkan, meski saat ini Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sedang berduka akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah, panitia pelaksaan tetap harus siap dan memastikan bahwa ajang ini harus digelar di Tanah Air.

Mengenai upacara pembukaan, Puan mengharapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana.

"Ini sudah direncanakan 1,5 tahun. Dalam satu pembukaan kita harapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana. Pada upacara pembukaan kita akan lakukan satu menit doa bersama," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 43 Negara

Puan selaku ketua pengarah pelaksanaan Asian Para Games 2018 menambahkan, ajang olahraga bagi atlet penyandang disabilitas ini diikuti 43 negara, 2.888 atlet dan 1.820 ofisial serta diliput 500 media.

Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 588 nomor pertandingan akan diselenggarakan pada Asian Para Games yang akan berlangsung sejak 6-13 Oktober mendatang di Jakarta.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.