Babak I: Sutan Zico Bawa Timnas U-16 Indonesia Ungguli Australia

Oleh Luthfie Febrianto pada 01 Okt 2018, 16:19 WIB
Diperbarui 02 Okt 2018, 20:14 WIB
Indonesia U-16 vs Australia U-16

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas U-16 Indonesia untuk sementara unggul 1-0 atas Australia dalam babak perempat final Piala AFC U-16 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018). Gol tunggal timnas U-16 dicetak lewat tendangan Sutan Zico pada menit ke-15.

Timnas U-16 lolos ke perempat final sebagai juara grup C. Jika menang atas Australia, timnas akan melangkah ke semifinal sekaligus meraih tiket ke Piala Dunia U-17.

Gawang timnas U-16 nyaris kebobolan di awal babak pertama. Beruntung, bola tendangan pemain Australia masih membentur tiang gawang timnas U-16.

Para pemain timnas U-16 terlihat kesulitan mengalirkan bola ke area pertahanan Australia. Faktor postur tubuh juga membuat anak asuh Fakhri Husaini kerepotan mengantisipasi bola-bola panjang dari pemain Australia.

Alhasil, para pemain timnas U-16 pun dipaksa bertahan total menghadapi  serangan Australia. Hingga meni ke-11, belum ada ancaman berarti yang dibuat Sutan Zico dan kawan-kawan ke gawang Australia.

Sebaliknya, Australia beberapa kali berhasil mengancam gawang timnas U-16 yang dikawal kiper Ernando.

Peluang pertama timnas U-16 hadir di menit ke-14. Tendangan spekulasi Sutan Zico ditepis kiper Australia yang membuat timnas mendapat tendangan pojok.

 

2 of 3

Gol Sutan Zico

Sutan Zico
Striker Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas U-16 akhirnya membobol gawang Australia. Kesalahan kontrol pemain Australia dimanfaatkan dengan baik oleh Sutan Zico. Tendangannya sukses mengecoh kiper Australia dan membuat timnas U-16 unggul 1-0 di menit ke-15.

Gol ini menambah kepercayaan diri timnas U-16. Beberapa kali, Sutan Zico dan kawan-kawan bisa membahayakan gwawang Australia.

Aksi individu menjadi pilihan para pemain timnas U-16 membongkar pertahanan Australia. Maklum, para pemain unggul dalam hal kelincahan dan kecepatan dibanding lawannya.

 

3 of 3

Susunan Pemain Timnas U-16 vs Australia U-16

Timnas Indonesia U-16: Ernando Sutaryadi; Bagas Kaffa, Mochamad Yudha, Komang Teguh, Fadilah Nur Rahman, David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Mochammad Supriadi, Sutan Zico, Bagus Kahfi.

Cadangan: Ahludz, Risky, Uchida, Reza, Hamsa, Talaohu, Rendy, Subhan, Aji, Cecep, Amanar, Salman.

Pelatih: Fakhri Husaini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by