Timnas U-16 Indonesia Diminta Sehari Melupakan Sepak Bola

Oleh Bogi Triyadi pada 29 Sep 2018, 16:15 WIB
Diperbarui 01 Okt 2018, 16:13 WIB
Timnas U-16

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pelatih kepala timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini menginginkan para pemainnya melupakan sepak bola selama sehari, yaitu Sabtu (29/9/2018). Hari ini merupakan waktu libur yang ditetapkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kepada semua tim yang akan bertanding di perempatfinal Piala AFC U-16 2018.

"Saya ingin pemain selama satu hari melupakan sepak bola dan melakukan apa yang mereka senangi. Kalau mau tidur, silakan tidur sepuasnya," kata Fakhri setelah memimpin latihan timnas U-16 Indonesia di Stadion mini Persada Plus, Subang, Selangor, Malaysia, seperti dikutip dari Antara.

"Sebenarnya saya mengagendakan rekreasi, tapi kami belum mendapatkan informasi mau ke mana," tambahnya.

Fakhri berharap dengan sejenak mengalihkan pikiran dari sepak bola, para pemain timnas U-16 Indonesia bisa melepaskan diri dari kepenatan pertandingan. Dia menganggap anak-anak asuhnya berhak bersenang-senang usai bekerja keras menjalani laga demi laga di fase grup Piala U-16 2018.

2 of 3

Melatih Mental

Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Timnas Indonesia U-16
Selebrasi striker Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri usai menjebol gawang Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018. (Twitter/ASEAN Football)

Selain itu, pelatih asal Aceh itu menambahkan waktu libur atau rekreasi merupakan bagian dari latihan tim dari aspek mental. Dengan melakukan itu, tim diyakini lebih segar serta semakin fokus mempersiapkan diri menuju laga perempat final Piala U-16 Asia 2018 yang digelar Senin (1/10/2018).

"Rekreasi itu bagian dari latihan, sama seperti tidur dan berlatih di lapangan. Untuk menghadapi pertandingan, yang perlu disiapkan bukan hanya taktik, teknik dan fisik, tetapi juga mental," tutur Fakhri.

3 of 3

Lawan Australia

Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Australia di laga perempat final. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (1/10/2018).

Menghadapi peringkat dua Grup D itu, timnas U-16 Indonesia telah memulai latihan sehari setelah melawan India. Sebanyak 12 pemain berlatih di Stadion Mini Persada Plus, sementara 11 pemain lain yang selalu bertanding pada tiga laga Grup C, termasuk melawan India, mendapatkan menu pemulihan fisik di hotel.

Setelah libur pada hari ini, para kembali berlatih Minggu (30/9/2018). Fakhri menegaskan timnas U-16 Indonesia tetap tenang dan fokus jelang laga menghadapi Australia. "Saya tenang saja, tak ada masalah. Yang jelas pemain kami akan tetap konsentrasi terhadap permainannya dan tetap berlatih dengan serius," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by