Sukses

Festival Pesona Tanjung Lesung Awali Gebyar Rhino X Triathlon 2018

Liputan6.com, Pandeglang- Kejuaraan trilomba lintas alam bertajuk Rhino X Triathlon bakal berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung pada 29-30 September. Sebelum event tersebut dihelat, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya resmi membuka perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung di Kampung Wisata Cikadu, Pandeglang pada Jumat (28/9/2018).

Prosesi pembukaan dilaksanakan dengan memukul lesung bersama Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Hazrumy, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Direktur Utama PT. Banten West Java Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Perum DAMRI Setia Milatia Moemin dan Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Banten Eneng Nurcahyati.

Rhino X Triathlon sendiri merupakan bagian dari Festival Tanjung Lesung yang berlangsung pada 28-30 September. Selain Triathlon, ada pula Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) serta beragam ajang seni budaya seperti Pasar Berbatik Cikadu dan Festival Kolecer yang dihelat di Cipanon.

"Pemerintah Indonesia begitu mendukung event kebanggaan masyarakat Banten, Festival Pesona Tanjung Lesung dengan kembali memasukkan acara ini dalam kalender 100 event pariwisata nasional dan menganggarkan Rp 1,5 miliar untuk penyelenggaraan tahun depan," kata Arief Yahya seperti rilis yang diterima media.

Dijelaskannya, ajang ini juga dijadikan peresmian Pasar Digital bernama Pasar Berbatik Cikadu yang merupakan bagian dari 12 pasar digital yang selalu dipromosikan oleh Genpi melalui media sosial. Kedepan, Banten dan khususnya Kabupaten Pandeglang bisa mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat. Pemerintah daerah dapat belajar ke masyarakat Sanur yang lebih menguasai.

Dalam momen Upacara Pembukaan Festival Pesona Tanjung Lesung, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung dan Perum DAMRI melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) Untuk Pengembangan Fasilitas Akomodasi Hotel Bus. Nota Kesepahaman tersebut ditandangani oleh Direktur Utama PT. Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo dan Direktur Perum DAMRI Setia Milatia Moemin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Malimping-Labuan

Sementara itu Wakil Gubernur Provinsi Banten Andika Azrumy dalam sambutannya mengatakan bahwa pengembangan Banten selatan, di Pandeglang dilaksanakan begitu pesat. Dalam kaitan pengembangan, Pemerintah Banten dengan dukungan Pemerintah Pusat mengupayakan reaktifikasi jalur kereta Malimping – Labuan, jalan tol Serang – Panimbang dan Bandar Udara.

Komitmen kuat juga diwujudkan dalam bentuk pengembangan jalan lingkungan dan drainase di wilayah Cikadu, Pandeglang serta revitalisasi keraton Kesultanan Banten untuk pariwisata reliji.

Sementara itu, Irna Narulita menjelaskan saat ini 3 proyek strategis yang sudah mulai berjalan yaitu jalan tol Serang – Panimbang, reaktifikasi jalan kereta api dan bandara di Banten selatan.

Perhelatan Festival Pesona Tanjung Lesung yang telah dilaksanakan sejak 4 tahun lalu semakin memperkenalkan berbagai daerah, seperti saat ini dilaksanakan di Cikadu dan Cipanon sebagai kampung wisata yang berlokasi dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung sebagai buffer zone (zona penyangga). Masyarakat Pandeglang siap menjadikan Banten sebagai magnet pariwisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.